Tempat Melasti di Pantai Amed Abrasi Parah, Pj Gubernur Bali Respon Cepat Diapresiasi Sugawa Korry

  08 Januari 2024 TOKOH Denpasar

Foto: Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya berfoto bersama Wakil Ketua DPRD Bali Dr. Nyoman Sugawa Korry serta para Bendesa Adat di Kecamatan Abang dan para tokoh di Kantor Gubernur Bali, Renon, Denpasar, Senin 8 Januari 2024.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Sebanyak 7 Bendesa Adat di Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem menyambut baik atas respon Penjabat (Pj) Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya terkait aspirasi para Bendesa Adat yang beraudiensi dengan Pj Gubernur Bali di Kantor Gubernur Bali, Renon, Denpasar, Senin 8 Januari 2024.

Jro Bendesa yang beraudiensi dikoordinir oleh Jro Bendesa Purwa ayu, disertai Bendesa Tista, Basangalas, Tukad Besi, Culik, Benayu, dan Ngis, diantarkan oleh Majelis Alit Desa Adat Kecamatan Abang Wayan Surya Kusuma. Dalam audiensi ini ikut mendampingi Wakil Ketua DPRD Bali Dr. Nyoman Sugawa Korry, Anggota DPRD Bali Yuli Artini dan Anggota DPRD Karangasem Nyoman Mardana serta hadir pula Tokoh Masyarakat Karangasem Wayan Geredeg.

Bendesa Adat Purwa Ayu, Nyoman Jati menyampaikan aspirasi, bahwa 8 desa adat saat ini terkendala tempat melasti di Pantai Amed yang sudah tergerus abrasi sangat parah. Dikhawatirkan kalau terlambat mengatasinya, tempat melasti yang dibutuhkan masyarakat untuk upacara keagamaan akan hilang dan tidak ada tempat masyarakat untuk melasti. Dimohonkan agar pada tahap pertama Pemprov Bali bisa membantu pengadaan lahan dan tahap kedua melakukan program penataan dan penyelamatan Pantai Amed.

Penjabat (Pj) Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya yang didampingi Kepala Bappeda Bali, Kadis PUPR dan Balai Wilayah Sungai merespon dengan baik keprihatinan masyarakat yang diwakili Jro Bendesa dan menugaskan Bappeda dan Dinas PUPR Bali pada tahap pertama untuk menindaklanjuti proses kemungkinan pengadaan lahan dan berkoordinasi dengan balai wilayah sungai mempersiapkan rencana program penataan dan penyelamatan pantai.

Terkait respon cepat dan positif yang diambil Pj Gubernur Bali beserta jajaran, Wakil Ketua DPRD Bali Dr. Nyoman Sugawa Korry yang juga Ketua DPD Partai Golkar Bali yang pada Pemilu 2024 maju nyaleg ke DPR RI Dapil Bali dengan nomor urut 1 dari Partai Golkar ini menyambut baik dan memberikan apresiasi karena memang penanganannya membutuhkan tindakan cepat.

“Kami telah mengecek kondisi di lapangan bersama bendesa dan instansi terkait dan memang penanganannya membutuhkan tindakan cepat,” ucap Sugawa Korry.

Tokoh Masyarakat Karangasem bersama para Bendesa Adat dan Majelis Alit juga mengucapkan syukur atas respon dan kebijakan Pj Gubernur Bali terkait masalah mendesak yang dihadapi masyarakat adat di Kecamatan Abang dan berharap diwujudkan tahun anggaran 2024 ini.(BB).