Single Perdana 'Ke Tu Ya' Karya The Jingkrak Siap Gebrak ABG Dihari Valentine

  11 Februari 2023 HIBURAN Denpasar

Para personil Band The Jingkrak dalam keterangannya kepada awak media, Sabtu 11/2/2023.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Satu lagi lahir band pendatang baru dengan keunikan dan ciri khas tersendiri lahir di Pulau Dewata Bali. Band bernama The Jingkrak lahir dari sekedar kumpul-kumpul sambil ngopi ini kini menghasilkan single lagu beraliran Genre Ska dengan khusus lagu berbahasa Bali.

"The Jingkrak baru dibentuk belum genap dua bulan. Lahirnya band berawal kumpul-kumpul di studio. Kita sering ambil aliran yang berbeda dari band-band kita terdahulu. Kita ambil reggae jadi sepakat buat grup band Genre Ska berbahasa Bali," kata sang vokalis, Sapta dalam keterangannya kepada awak media, Sabtu 11/2/2023.

Band The Jingkrak mempunyai makna tua-tua keladi yang semakin tua semakin hebat. Mengawali single terbarunya The Jingkrak merilis karya berjudul 'Ke Tu Ya' dimana dalam Bahasa Indonesia berarti 'Kamu Itu Ya'. Judul 'Ke Tu Ya' terinspirasi kata-kata yang kerap diucapkan oleh muda-mudi saat bercengkrama dengan teman sebayanya. Single 'Ke Tu Ya' (Kamu Itu Ya) menceritakan orang tua yang berlagak seperti Anak Baru Gede (ABG). 

"Sasaran pasar dari lagu ini adalah anak-anak muda dengan tema lagu tentang perselingkuhan pada sebuah hubungan. Artinya punya pacar alay nya bisa mengalahkan ABG. Kita melihat gambaran dari masyarakat lokal jadi bahasanya campur pakai bahasa Bali dan Indonesia," terangnya. 

Personil The Jingkrak sendiri berjumlah 6 orang yang terdiri dari Sapta sebagai vocal, Manx Pour sebagai guitar melody, Dek_Jo sebagai Basis, Ayak posisi Drumer, Gingsul sebagai lead guitar, sementara Nonet menempati keyboard. Menurut para personilnya, Band The Jingkrak bukan pengekor yang aktif mengikuti genre musik kekinian di Bali.

Dalam aksi panggungnya, band The Jingkrak memiliki ciri khas yang unik yakni akan selalu menggunakan seragam SMA (Sekolah Menengah Atas). Bagi mereka, karena waktu SMA adalah kenangan masa ABG yang tidak terlupakan dan walaupun usia tidak ABG, namun hal ini mengisyaratkan bahwa mereka ingin selalu tampil muda.

"Kita ambil ciri khas di panggung akan pakai baju SMA. Kenapa pakai baju SMA? Karena kita semua tamat SMA dan masa-masa SMA sangat menyenangkan,” jelas Sapta yang diamini personel band lainnya.

Sapta menyebut tema yang diambil dari lirik lagu sebagain besar mengenai perselingkuhan. Menurutnya, segmen pendengar The Jingkrak berasal dari kalangan anak SMA ke atas. Lagu 'Ke Tu Ya' ini akan dilaunching saat perayaan hari kasih sayang atau valentine pada 14 Februari 2023 mendatang. 

"Kita akan melakukan launching single kita yang berjudul 'Ke Tu Ya' bertempat di angkringan AK berlokasi di jalan Siulan Banjar Laplap Kauh pada tanggal 14 Pebruari 2023 bertepatan dengan hari Valentine," tutup Sapta seraya bersama para personilnya menyanyikan single perdana The Jingkrak.(BB).