Penutupan Bulan Bung Karno V Tahun 2023 Provinsi Bali Dipusatkan di Bangli

  01 Juli 2023 TOKOH Bangli

Baliberkarya (Dok Humas)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Bangli. Pemerintah Peovinsi Bali melalui Badan Kesbangpol Provinsi Bali menutup Peringatan Bulan Bung Karno V tahun 2023 di Provinsi Bali. Acara ditutup secara resmi oleh Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Arta Ardana Sukawati (Cok Ace) pada Jumat (30/6/2023). Yang dipusatkan di Kabupaten Bangli, tepatnya di Alun- alun Kota Bangli. Meski sempat diguyur hujan, namun tak sedikitpun menyurutkan semangat masyarakat Bangli hadir di Alun-alun Bangli untuk menyaksikan penutupan rangkaian kegiatan Bulan Bung Karno V tahun 2023

Acara dikemas dalam Konser Bhakti Soekarno (KBS) yang dirangkaikan dengan berbagai kegiatan seperti yoga masal, jalan sehat berhadiah, freestyle motor, pameran UMKM dan food, pameran hasil pertanian, donor darah, penyerahan bantuan sembako kepada para Veteran, penyerahan piagam dan hadiah kepada para pemenang lomba serangkaian Bulan Bung Karno, hiburan musik band lokal Bangli dan Band Bali papan atas, seperti Lolot, Joni Agung & Double T, Bagus Wirata, Leyong Sinatra, Tika Pagraky dan Penyanyi lawas Yong Sagita.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir, Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar, Sekda Bangli Ida Bagus Gde Giri Putra, Ketua DPRD Bangli I Ketut Suastika, Ketua TP.PKK Kabupaten Bangli Ny. Sariasih Sedana Arta, Ketua GOW Ny. Suciati Diar, Pimpanan Perangkat Daerah Provinsi Bali dan Kabupaten Bangli, Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan, serta undangan lainnya.

Wakil Gubernur Bali dalam sambutannya menyampaikan, penyelenggaraan Bulan Bung Karno V di Provinsi Bali mengambil tema "Mahajnana Segara Kerthi" yang mempunyai makna "Pemuliaan Laut, Pendalaman Ajaran Bung Karno".  Penyelenggaraan Bulan Bung Karno Provinsi Bali merupakan salah satu dari 44 tonggak peradaban penanda Bali Era Baru, yang semakin menguatkan Bali dalam bangunan visi kebangsaan yang nasionalis, ideologis, dan spiritual.

Melalui kegiatan ini, Bali menjadi Provinsi pertama yang mencanangkan pelaksanaan Bulan Bung Karno di Indonesia. Tema yang diwujudkan dengan nilai kearifan lokal segara kerthi ini diwujudkan sebagai wahana penyebarluasan dan internalisasi Pancasila serta ajaran- ajaran Bung Karno secara nyata dalam upaya perlindungan dan pelestarian alam semesta.

Tema ini semakin mempertegas tema tahun sebelumnya tentang Danu Kerthi, yang secara konsiaten mengajak seluruh pimpinan, tokoh masyarakat dan krama Bali untuk meneladani karakter kepemimpinan dan ajaran Bung Karno, yang mengayomi, melindungi dan menyejukan. Kepemimpinan yang mengutamakan nilai- nilai kebersamaan kegotongroyongan, dan berorientasi pada kemajuan. “Hidup yang menghidupi, urip yang menguripi, pulih bersama, tumbuh bersama, hidup bersama, berkembang bersama, kuat bersama dan manfaat bersama," ujar Cok Ace.

Cok Ace menambahkan, Penyelenggaraan Bulan Bung Karno Tahun ini merupakan penyelenggaraan ke- 5 oleh Pemerintah Provinsi Bali. “Namun yang harus kita pahami bersama bahwa penghormatan sekaligus pendalaman paling utama tentang ajaran Bung Karno adalah dengan meneladani dan melaksanakan ide, pemikiran, gagasan, dan cita- citanya untuk Indonesia Raya,” jelasnya.

Wakil Gubernur berharap, seluruh lapisan masyarakat Bali terutama generasi muda milenial agar dengan suka cita dan derap langkah yang kokoh memikul tanggungjawab ideologis ini, dengan terus berkreasi dan berinovasi mengembangkan kemampuan, sehingga apapun tantangan yang dihadapi mampundiubah menjadi sebuah peluang.

Seluruh Desa dan Kelurahan di Bali dengan rincian 636 Desa dan 80 Kelurahan secara serentak telah melaksanakan Bulan Bung Karno V tahun 2023. Pihaknya mengapresiasi, bahwa dari tingkat Desa/ Kelurahan sampai ke tingkat Provinsi dengan penuh semangat melaksanakan kegiatan Bulan Bung Karno selama sebulan penuh pada Juni 2023 ini. “Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, yang dengan semangat gotong royong telah menyukseskan rangkaian kegiatan Bulan Bung Karno V di Provinsi Bali,” ucapnya.

Sememtara itu Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Bali, dibawah kepemimpinan Gunernur Bali Wayan Koster dan Wakil Gubernur Cok Ace, yang telah memilih Kabupaten Bangli sebagai lokasi penutupan penyelenggaraan Bulan Bung Karno V tahun 2023 Provinsi Bali.

“Melalui kegiatan ini, semoga masyarakat Bangli dapat meneladani ajaran-ajaran Bung Karno, mengutamakan nilai- nilai kebersamaan, kegotongroyongan yang berorientasi pada kemajuan bersama, khususnya kemajuan Kabupaten Bangli, sesuai dengan Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali di Kabupaten Bangli, Menuju Bangli Era Baru," imbuhnya. (Rls/BB)