Pantau Langsung Pembongkaran Pasar Umum Negara, Bupati Tamba Pastikan Berjalan Lancar

  04 September 2023 PERISTIWA Jembrana

Baliberkarya (Dok Humas)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Revitalisasi pasar umum Negara memasuki tahap pembongkaran dan pembersihan bangunan setelah sebelumnya pengosongan pedagang yang berjualan. Pemerintah kabupaten Jembrana sendiri telah menyediakan lokasi untuk relokasi pedagang diantaranya di areal parkir pemkab Jembrana serta Pasar Ijogading. Memastikan tahapan revitalisasi pasar berjalan lancar, Bupati I Nengah Tamba kembali  melakukan peninjauan pembongkaran pasar umum negara, Senin (4/9).

Tinggal menyisihkan beberapa kios, pihaknya memastikan sedikit lagi lahan pasar bisa dirapikan untuk segera dibangun. "Kalau kita perhatikan hari ini sepertinya untuk hari H yang ditentukan oleh projek pemenang tender itu adalah bisa kita capai, tinggal ditambah alat berat saja ini persoalannya sudah selesai," ungkapnya.

Bupati mengatakan revitalisasi dari pemerintah pusat ini sesungguhnya bermaksud baik mengingat kondisi Pasar yang sudah dibangun sejak tahun 1955 dinilai kurang layak. Revitalisasi juga dimaksudkan untuk meningkatkan fungsi pasar agar lebih bersih nyaman dan ramai dikunjungi pembeli.

"Saya sebagai bupati tentu setiap saat kita ikuti perkembangannya agar berjalan lancar. Tentunya juga meminta maaf selama relokasi ada penurunan pembeli. Mohon bersabar, karena ini tujuannya baik untuk kita semua," ucapnya.

Lebih lanjut, ia merasa lega mengenai beberapa persoalan yang sempat terjadi,diawal proses pembongkaran dan pengosongan pedagang di Pasar Umum Negara.Termasuk upayanya mengakomodir aspirasi pedagang akan ukuran los yang lebih luas. Namun, bersyukur dari hasil review pembesaran ukuran los dapat terpenuhi. "Revew sudah ada kabar jadi sudah ada ukuran 3x4 sudah lebih dari seratus, 3x3 juga ada segitu.Saya rasa temen temen pedagang bisa menerima dengan bahagia," ujar Bupati Tamba.

Sementara itu terkait dengan penggeseran Pura Melanting Pasar Negara sesuai rencana gambar, pihaknya mengaku masih mengkoordinasikan. Ia  tidak ingin terburu buru mengambil keputusan namun akan terus mengkomunikasikan dengan tokoh, pengempon termasuk mapinunas (mohon petunjuk) kepada griya/sulinggih.

"Ini masih dikomunikasikan agar bangunan pura melanting bisa dibangun baru , seperti bangunan pasar yang juga baru . Dipindah sisi utara pasar sesuai asta kosala kosali tempat suci. Karena bangunan ini bukan situs  harusnya bisa digeser dengan urutan upacara yang benar. Namun teknisnya kami akan putuskan setelah meminta petunjuk," ucapnya. (Rls/BB)