Ny. Antari Jaya Negara Pimpin Rakon Program PKK Kota Denpasar 

  20 Juli 2023 TOKOH Denpasar

Baliberkarya (Dok Humas)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar. Ketua TP. PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara memimpin pelaksanaan Rapat Konsultasi PKK di Gedung Wanita Santi Graha pada Kamis (20/7). Hal ini dilaksanakan guna mempersiapkan program kerja di tahun 2024. 

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa dan Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana, serta perwakilan beberapa OPD terkait di lingkungan Pemkot Denpasar. Rakon PKK ini juga turut diikuti oleh para pengurus TP PKK Kecamatan serta Desa/ Kelurahan se Kota Denpasar. 

Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara dalam arahannya mengatakan, pelaksanaan Rakon PKK diharapkan  dapat membantu jajaran pemerintah Kecamatan dan juga Desa/Kelurahan dalam proses penganggaran kegiatan terkait dengan implementasi 10 Program Pokok PKK di masyarakat. Sehingga, kegiatan TP. PKK selain memberikan kemanfaatan juga sesuai dengan aturan yang berlaku. 

"Melalui Rakon PKK ini kami mengingatkan kembali agar TP PKK Kecamatan, Desa dan Kelurahan se-Kota Denpasar untuk menyusun berbagai kegiatan yang memiliki dampak serta maanfaat terhadap upaya-upaya peningkatan SDM Masyarakat secara umum," kata Ny. Antari Jaya Negara. 

Koordinasi dan sinergitas dengan pemerintah lanjut Ny. Antari Jaya Negara harus diupayakan untuk menyampaikan acuan kegiatan pemberdayaan masyarakat. Sehingga peogram PKK selaras dan sejalan dengan program pemerintah. 

"Kita sebagai mitra pemerintah dalam membangun karakter masyarakat menuju masyarakat yang mandiri dan sejahtera, diharapkan selalu mampu terus bergerak bersama membangun masyarakat yang berdaya melalui 10 Program Pokok PKK, serta berdasar pada spirit Vasudhaiva Kutumbhakam. Untuk itu, saya mengajak partisipasi aktif dari para kader dan pengurus untuk mewujudkan program ini nantinya untuk menuju Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju," ujar Ny. Antari Jaya Negara. 

Sementara itu, Sekretaris TP PKK Kota Denpasar, Ni Nyoman Sri Utari dalam paparannya menjelaskan, di tahun 2024 terdapat beberapa program prioritas TP PKK Kota Denpasar yang akan dilaksanakan. 

Antara lain, pelaksanaan program Posyandu Paripurna, pelaksanaan Lomba Serangkaian Bulan Bung Karno, pelaksanaan Kunjungan Sosial untuk menyapa berbagi pada balita gizi buruk dan ibu hamil kekurangan energi kronis yang bersinergi dengan OPD terkait. "Di tahun 2024 nanti, program prioritas kita juga meliputi pelaksanaan Pasar Rakyat, dan juga kegiatan berkaitan dengan sosialiasi 10 program pokok PKK," kata Sri Utari. 

Di samping program prioritas tadi, Sri Utari juga mengemukakan terdapat beberapa Rencana Induk Gerakan PKK di tahun 2024 yang akan dijalankan oleh masing masing Pokja. "Untuk rencana induk ini, masing masing pokja akan memiliki fokus sesuai dengan bidang masing-masing. Seperti pendidikan dan keterampilan, kesehatan, gotong royong dan lain sebagainya," imbuh Sri Utari. (Rls/BB)