Mimih Dewa Ratu! Hendak Dijual ke Denpasar, Belasan Ekor Penyu Berhasil Diamankan Polres Jembrana

  19 November 2023 HUKUM & KRIMINAL Jembrana

Ket poto: penyu hijau yang diamankan olej Polres Jembrana dicek kesehatannya oleh Tim Dokter dari JSI

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana, Polres Jembrana kembali berhasil menggagalkan penyelundupan penyu hijau sebanyak 19 ekor. Penyu-penyu tersebut dalam keadaan lemas dan dibawa ke Penangkaran Penyu Kurma Asih Desa Perancak untuk diobservasi.

Kapolres Jembrana, AKBP I Dewa Gde Juliana, mengatakan bahwa penyelundupan tersebut terungkap berdasarkan informasi dari masyarakat. Pelaku diketahui membawa penyu-penyu tersebut dari arah Gilimanuk menuju Denpasar.

"Pelaku mengangkut penyu-penyu tersebut menggunakan kendaraan pickup. Saat kami lakukan penyelidikan, pelaku keluar dari Jalan Desa Baluk tadi pagi sekira pukul 01.00 wita. Pelaku mengakui bahwa mereka hendak menyelundupkan penyu-penyu tersebut ke Denpasar," kata Juliana. Minggu (19/11/2023).

Juliana mengaku, pelaku sudah diamankan untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. “Kami masih mendalami motif dan modus penyelundupan tersebut. Pelaku sengaja mencari jalur desa untuk mengelaubi petugas. Pelaku kita amankan saat merkea berhenti karena ada upacara adat di Desa Baluk,” terangnya.

Tim Ahli dari Jaringan Satwa Indonesia (JSI), Vemke Denhaas, mengatakan bahwa penyu-penyu tersebut dalam keadaan stres dan dehidrasi. Mereka telah lama berada di luar laut dan tidak mendapatkan asupan air.

"Kami telah memberikan pertolongan pertama kepada penyu-penyu tersebut. Kami juga telah mengambil sampel darah untuk mengetahui kondisi kesehatan mereka lebih lanjut," kata Denhaas.

Denhaas menambahkan bahwa penyu-penyu tersebut sebagian besar berjenis kelamin betina. Penyu-penyu tersebut diperkirakan berusia antara 8 hingga 50 tahun. “Informasi dari BKSDA Bali penyu ini akan dititipkan di Penangkaran Penyu Kurma Asih Perancak untuk diobservasi,” ungkapnya. (BB)