Jajaki Kerjasama Sister City, Wawali Arya Wibawa Terima Dubes Filipina untuk RI

  26 Juli 2023 TOKOH Denpasar

Ket Foto : Wakil Walikota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa saat menerima Duta Besar Republik Filipina untuk Indonesia, Gina Alagon Jamoralin mengunjungi Kantor Walikota Denpasar, pada Rabu (26/7). 

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar. Duta Besar Republik Filipina untuk Indonesia, Gina Alagon Jamoralin menyambangi Kantor Walikota Denpasar, pada Rabu (26/7). Kunjungan tersebut diterima secara langsung Wakil Walikota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa didampingi Asisten Administrasi Pemerintahan, Made Toya dan Kabag Kerjasama Setda Kota Denpasar, Ni Luh Putu Riyastiti serta unsur Dinas Pariwisata Kota Denpasar.

Wakil Walikota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa menyambut hangat kedatangan Duta Besar Republik Filipina untuk Indonesia, Gina Alagon Jamoralin di Kota Denpasar. Dimana, pertemuan ini menjadi momentum yang baik guna menjajaki kerjasama antara Kota Denpasar dengan kota di Filipina melalui program sister city.

“Saya mengucapkan selamat datang kepada Ibu Duta Besar Republik Filipina di Kota Denpasar. Semoga pertemuan ini dapat menjadi jembatan untuk membangun hubungan kerjasama yang baik antara Kota Denpasar dengan kota di Filipina," ujar Arya Wibawa.

Arya Wibawa mengatakan, penjajakan kerjasama ini juga sebagai langkah lanjutan kerjasama yang telah disepakati antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Republik Filipina. 

“Setelah kita kaji, ada sejumlah bidang yang potensial untuk dijajaki untuk dibangun kerjasama antara Pemerintah Kota Denpasar dengan Pemerintah Republik Filipina terutama menyangkut kerjasama dengan kota di Filipina," ujarnya

Sejumlah bidang menarik untuk dikerjasamakan sesuai dengan potensi kedua kota. Yakni pengembangan ekonomi kreatif, budaya, kesehatan, pariwisata, pendidikan dapat dibangun kerjasama. Terutama terkait pertukaran pelajar dan pekerja dibidang pariwisata. Hal ini mengingat di Bali banyak institusi dibidang pariwisata dan hospitality. 

"Kita bisa menjajaki salah satu kota disana yang memiliki karakteristik yang sama dengan Kota Denpasar untuk mempermudah pembentukkan kerjasama Sister City ini. Apalagi faktanya, sudah ada kota di Filipina yakni kota Vigan yang masuk dalam keanggotaan Organisasi Kota Pusaka Dunia (OWHC) bersama Kota Denpasar” jelasnya," harapnya

Sementara, Duta Besar Republik Filipina untuk Indonesia, Gina Alagon Jamoralin berterima kasih atas sambutan hangat Wakil Walikota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa. Pihaknya menawarkan kerjasama terkait sekolah keperawatan dan medis di Filipina yang nantinya mungkin bisa bekerjasama dengan Universitas atau sekolah yang ada di Kota Denpasar. "Kami optimis pertemuan ini akan membuahkan kesepakatan yang akan memberikan manfaat yang baik bagi kedua belah pihak,” ujarnya. (Rls/BB)