Dukung Gerakan Hemat Energi, Perempuan Jembrana Dikenalkan Kompor Induksi

  05 Juni 2023 SOSIAL & BUDAYA Jembrana

Baliberkarya (Dok Humas)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com -

Jembrana. Ketahanan energi merupakan isu besar yang saat ini menjadi perhatian global. Ketahanan ini mencakup ketersediaan energi, akses atas energi dan keberlanjutan energi itu sendiri. Sebagai kelompok dengan jumlah hampir 50 persen dari total penduduk yang ada, perempuan memiliki potensi kontribusi yang sama dengan laki-laki baik dalam hal penyediaan, akses dan konservasi energi.

Menindaklanjuti hal tersebut, digelar Pelatihan Penghematan Energi dan Pengenalan Teknis Penggunaan Kompor Listrik di Hotel Jimbawarna, Senin (5/6). Kegiatan diinisiasi Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati bekerja sama dengan, Kementerian ESDM melalui PEM AKAMIGAS dan PPSDM KEBTKE serta Pemerintah Kabupaten Jembrana.

 

Pelatihan ini diikuti oleh 75 peserta dari kelompok rentan, termasuk perempuan yang menjadi kepala keluarga, perempuan penyintas bencana, perempuan penyintas kekerasan, dan perempuan penyintas Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

Tujuan dari pelatihan tersebut untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada perempuan dalam kelompok target mengenai penghematan energi dan penggunaan kompor listrik yang aman. Diharapkan pelatihan ini dapat meningkatkan peran perempuan dalam penghematan energi dan mendukung program konservasi energi nasional.

"Sebagai pengurus keluarga, perempuan memiliki peran penting dalam konservasi energi, terutama dalam pengaturan penggunaan energi di rumah tangga," jelas Indra Gunawan, Staf Ahli Menteri Bidang Pembangunan Keluarga dari Kementerian PPPA dalam pidatonya mewakili Menteri I Gusti Ayu Bintang Darmawati dalam pembukaannya.

Lebih lanjut, Indra menyatakan bahwa perempuan memiliki potensi untuk membentuk pola konsumsi energi masa depan, mengingat peran mereka sebagai pendidik utama dalam keluarga.

Sementara itu, mewakili Bupati Jembrana, I Gusti Ngurah Sumber Wijaya, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Jembrana, menyambut baik kegiatan ini dan menganggapnya bermanfaat bagi para perempuan di Jembrana.

"Jembrana saat ini sedang fokus mengembangkan kebijakan yang melibatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, dan perempuan merupakan salah satu fokus utama dari pembangunan tersebut. Kami selalu mendorong keterlibatan dan kontribusi perempuan, termasuk dalam pembangunan ketahanan energi di Kabupaten Jembrana," ujar I Gusti Ngurah Sumber Wijaya.

Selain itu, pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PPPA RI yang telah memberikan kesempatan kepada perempuan Jembrana untuk mengikuti kegiatan pelatihan ini.

"Kami berterima kasih kepada Kementerian PPPA dan Kementerian ESDM (PEM AKAMIGAS dan PPSDM KEBTKE) yang telah memilih Kabupaten Jembrana sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan ini. Ini tentunya akan memberikan manfaat besar bagi para perempuan Jembrana dan pembangunan di Kabupaten Jembrana secara umum," tandasnya. (Rls/BB)