Dipimpin Langsung Wawali Arya Wibawa, Inovasi RADITYA ikuti Verifikasi dan Observasi Lapangan Menuju Top 45 

  25 Juli 2023 TOKOH Denpasar

Baliberkarya (Dok Humas)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar, Inovasi Radio Inklusi Menuju Denpasar Maju (RADITYA) mengikuti seleksi verifikasi dan observasi lapangan menuju Top 45 atau tahap final. Pelaksanaan verifikasi dan observasi tersebut dipimpin Wakil Wali Kota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa memimpin langsung pelaksanaan wawancara dihadapan Tim Panelis Independen Verifikasi dan Observasi Lapangan yang dilaksanakan secara daring dari Gedung Dharma Negara Alaya, Selasa (25/7). Turut mendampingi Walikota Denpasar, Kadis Kominfos Kota Denpasar, IB Alit Adhi Merta dan Kadis Sosial Kota Denpasar, I Gusti Ayu Laxmy Saraswati. 

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota, Arya Wibawa mengatakan Raditya hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Denpasar akan sarana komunikasi, sosialisasi dan informasi mengenai layanan publik, pembangunan, pendidikan, pelestarian budaya, kegawat daruratan, kebencanaan, info lalu lintas dan hiburan yang bersifat inklusif sehingga dapat diterima serta dinikmati manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat. “Kahadiran Raditya ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam mewujudkan Kota Denpasar sebagai Kota Inklusi," ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, materi informasi yang tersedia di Raditya juga telah terintegrasi di semua platform. Sehingga seluruh lapisan masyarakat, tidak terkecuali penyandang disabilitas dan juga kaum lansia yang acap kali kesulitan untuk mengakses program siaran dapat tetap mendapatkan informasi yang sama baik itu secara analog, ataupun subdomain dan juga media sosial,” jelas Arya Wibawa.

Pada kesempatan ini, ditampilkan layanan streaming Raditya juga telah terintegrasi dengan aplikasi DPS (Denpasar Prama Sewaka). Karenanya, melalui inovasi Raditya, Radio Publik Kota Denpasar menjadi radio pertama di Provinsi Bali yang memberdayakan para penyandang disabilitas sebagai penyiar khusus, memberikan ruang bagi para kelompok lansia untuk tampil dan menyalurkan hobi melalui segmen Gita Sancaya di setiap hari Minggu, serta secara rutin setiap bulannya bekerjasama dengan kelompok KISARA (Kita Sayang Remaja) untuk mengedukasi remaja perihal seksualitas dan juga permasalahan remaja lainnya.

Arya Wibawa mengatakan, tiga aspek utama yang disasar oleh inovasi Raditya. Yakni kelompok disabilitas, dengan memberdayakan 6 penyandang disabilitas sebagai tenaga penyiar khusus di RPKD FM. Kedua, kelompok masyarakat lanjut usia, dengan memberikan wadah bagi kelompok kelompok pesantian lansia yang tersebar di 43 desa/kelurahan di Kota Denpasar, untuk menyalurkan hobi dalam berkesenian kidung tradisional Bali dalam program acara Gita Sancaya.

Dimana, hingga tahun 2023 akhirnya telah berkembang menjadi 360 kelompok pesantian yang berada di masing-masing banjar adat di Kota Denpasar. Dan yang ketiga yakni kelompok remaja, dengan menjalin kerjasama dengan organisasi non profit KISARA dalam melakukan sosialisasi dan juga edukasi kepada remaja terkait permasalahan umum yang sering terjadi, seperti halnya infeksi menular seksual, pernikahan dini, dan lain sebagainya.

Hingga saat ini telah dilakukan 96 kali talkshow gratis di RPKD FM terkait hal tersebut, dan dampaknya membantu menurunkan tingkat IMS dan juga pernikahan anak usia dini di Kota Denpasar. “Inovasi ini dapat dengan mudah direplikasi di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini dikarenakan sebagian besar kabupaten/kota di Indonesia memiliki Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) yang dapat dimanfaatkan sebagai media inklusi,” ujarnya.

“Keberadaan Inovasi Raditya yang telah diluncurkan sejak Tahun 2016 ini sangat berperan penting dalam mensukseskan program inklusi Pemerintah Kota Denpasar, hal ini utamanya melalui pola edukasi dan layanan informasi bagi penyandang disabilitas, semoga dengan inovasi Raditya dapat mendukung terwujudnya Denpasar sebagai kota inklusi yang ramah bagi penyandang disabilitas,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Tim Panelis Independen, R Siti Zuhro menyampaikan apresiasi terhadap Inovasi Raditya karena telah mengakomodir para penyandang disabilitas. Jadi para disabilitas juga memiliki kesempatan berkarya. Selain itu program yang menarik adalah Gita Sancaya. “Acara Gita Sancaya selain memberikan hiburan juga menguatkan karakter budaya Bali. Kegiatan ini perlu terus dilaksanakan untuk menjaga budaya Bali,” ujarnya. (Rls/BB)