Dilantik Jadi Ketua BPC HIPMI Badung, Putra Adnyana Prioritaskan 2 Agenda

  15 Februari 2019 TOKOH Badung

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Badung. Ketua BPC HIPMI Badung periode 2018-2021 ganti nahkoda dan kini dipimpin oleh I Putu Gede Putra Adnyana, S.T. Dalam kepengurusan HIPMI sekarang ini, Putra Adnyana akan memprioritaskan dua agenda utama untuk meningkatkan kemampuan anggotanya.
 
 
Menurut Putra Adnyana, kedua agenda utama untuk meningkatkan kemampuan anggotanya yakni pertama dari segi penguatan internal yakni bagaimana bersinergi antar usaha dan anggota. Kedua, menyangkut program ke depan seperti inkubasi. 
 
"Kita juga akan perluas lagi program HIPMI Goes to school dan HIPMI Goes to Campus. Karena ini akan menumbuhkan semangat kewirausahaan dan ke depannya akan bisa menciptakan lapangan kerja sendiri," jelas pengusaha dengan sejumlah bisnis yang kini mempekerjakan sekitar 400 orang ini usai dilantik di Kantor Bupati Badung, Jumat (15/2/2019).
 
Pengusaha yang banyak bergelut di bisnis kelistrikan ini berharp para pengusaha muda yang notabene sebagai startup jangan merasa minder atau takut dengan konglomerat dalam berbisnis namun justru harus berani meraih tantangan dan peluang di era global ini dengan cara membuka jaringan. 
 
"Justeru pengusaha muda atau pemula perlu dekat dan menjalin sinergi dengan pengusaha besar yang sudah pengalaman dan memiliki banyak jaringan," kata Putra Adnyana.
 
Ket Foto: Ketua BPC HIPMI Badung I Putu Gede Putra Adnyana, S.T.
 
 
Saat ini, lanjut Putra Adnyana bahwa kendala mendasar yang dihadapi generasi muda adalah masalah Sumber Daya Manusia (SDM). Selama ini, umumnya mereka masih miskin ide dan takut mencoba dan permodalan juga kerap dijadikan alasan, padahal faktor modal bukan yang utama. 
 
Putra Adnyana yang juga Ketua Paklina (Persatuan Kontraktor Listrik Nasional) Bali ini mengaku kalangan perbankan justru siap mengakses dari sisi permodalan. Putra Adnyana yang akan menakhodai 125 anggota HIPMI di Badung ini menegaskan pentingnya sinergi dengan pemerintah daerah sehingga kegiatan UMKM bisa semakin lancar. 
 
"Ia optimis startup bisa tumbuh apalagi potensinya di Badung sangat besar. Kita lihat banyak pengusaha, UMKM di Badung tumbuh bagus," terangnya.
 
 
 
Tak jauh berbeda diutarakan Wakil Ketua HIPMI Badung Dr. I Putu Suwantara, MKn yang melihat masih adanya keraguan kalangan generasi muda untuk memulai usaha baru. Menurut Suwantara yang juga akademisi ini, untuk memulai usaha yang penting ada ide dan niat yang besar.
 
"Umumnya anak muda ini masih menghadapi keterbatasan ide dan memikirkan soal modal. Berbisnis tak harus barang, juga bisa jasa," jelas doktor termuda di Unwar ini. 
 
Sementara, dalam pelantikan pengurus HIPMI Badung periode 2018-2021 itu, Bupati Badung Giri Prasta mengajak jajaran pengusaha muda di wilayahnya harus bisa bersaing tidak hanya ditingkat daerah namun juga ditingkat nasional.(BB).