Dihiasi Kelucuan Politik, Buku Ganjar Pranowo Petunjuk Semesta untuk Kejayaan Nusantara Diluncurkan di Bali

  16 Juni 2023 POLITIK Denpasar

Peluncuran dan bedah buku berjudul Ganjar Pranowo, Petunjuk Semesta untuk Kejayaan Nusantara di Kebon Vintage, Denpasar, pada Jumat petang 16 Juni 2023.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Buku Berjudul Ganjar Pranowo, Petunjuk Semesta untuk Kejayaan Nusantara secara resmi diluncurkan di Kebon Vintage, Denpasar, pada Jumat petang 16 Juni 2023. Peluncuran ini diisi dengan bedah buku, untuk mengupas tuntas isi dan kisah perjalan seorang Ganjar Pranowo selama menjadi pemimpin yang selalu dekat dengan rakyat. 

Selain menghadirkan sang penulis Agus 'Becak' Suhendar, peluncuran dan bedah buku ini juga menghadirkan pembahas yakni AA Kakarsana Puri Blahbatuh, Sumardika, Tokoh Saudara Pasek, Ketua SAGA Bali.

Buku setebal 212 halaman ini yang dihiasi kelucuan politik Ganjar Pranowo ditulis oleh Agus Sunandar atau akrab disapa Agus Becak. Buku ini merupakan rangkuman momen keseharian dari Ganjar Pranowo. Bahkan yang terpenting yakni, menceritakan  momen yang menggambarkan betapa pemimpin ini tidak punya jarak dan sekat dengan masyarakat. 

"Terkait judul buku, saat ini mulai terlihat tanda-tanda bahwa semesta mulai membuka, pintu-pintunya, bahwa orang baik harus menguasai nusantara ini. Dan itu adalah Ganjar Pranowo," ucap sang penulis, Agus 'Becak' Sunandar saat ditemui di sela peluncuran.

Foto: Penulis Buku Ganjar Pranowo, Agus 'Becak' Sunandar.

Agus 'Becak' Sunandar mengaku buku yang pertama kali ia tulis ini digarap selama 1 tahun. Menurutnya, di dalam buku yang dibagikan gratis bagi para peserta yang hadir ini menceritakan rangkuman momen keseharian dari Ganjar Pranowo yang penuh kelucuan politik. Melalui buku ini, ia ingin mengabarkan kepada masyarakat di nusantara, bahwa ada pemimpin yang baik, yang selalu dekat dengan rakyat, yakni Ganjar Pranowo. 

"Momen-momen yang diceritakan dalam buku ini adalah momen yang menggambarkan betapa pemimpin ini tidak punya jarak dan sekat dengan masyarakat. Intinya banyak kelucuan politik dalam buku," kata Agus 'Becak' Sunandar.

Lebih jauh Agus 'Becak' Sunandar mengaku dalam menulis buku ini, ia langsung melihat realita di lapangan yakni mengikuti seluruh jejak dan kegiatan Ganjar Pranowo. Dari perjalanan yang diikuti, ia mengatakan kalau seorang pemimpin itu harus mampu menangis dan tertawa bersama rakyat. 

"Ganjar Pranowo inilah yang mampu tertawa dan menangis bersama rakyat, dan mampu menginspirasi dan menerima aspirasi dari rakyat," ungkapnya.

Agus 'Becak' Sunandar pun mengutip ucapan dari Presiden Turki Erdogan, bahwa, orang baik harus terjun ke dunia politik. Jika tidak, maka orang orang jahat lah yang akan menguasai. Dari sanalah Ia tergelitik, apakah kita masih punya pemimpin yang baik pasca runtuhnya orde baru, sampai masuknya ke reformasi, Ia belum menemukan pemimpin yang ideal yang menjadi harapan rakyat. 

"Namun berbeda dengan sosok Ganjar Pranowo, Pemimpin yang baik seperti inilah yang harus kita kabarkan kepada dunia," terangnya.

Foto: Anak Agung Gede Widnyana selaku Ketua Panitia Peluncuran Buku dan juga Panglingsir puri se Bali.

Dalam peluncuran dan bedah buku ini, Anak Agung Gede Widnyana selaku Ketua Panitia Peluncuran Buku dan juga Panglingsir puri se Bali, menyampaikan terima kasih atas peluncuran buku ini. Pihaknya dari Penglingsir puri se Bali sangat siap mendukung Ganjar Pranowo bisa menjadi presiden RI 2024 dan optimis perolehan suara di Bali bisa mencapai 90 persen. 

"Kami mewakili Panglingsir Puri se Bali, menyampaikan kalau buku ini akan disebarkan kepada relawan. Adapun yang menarik dari buku ini isinya sangat luar biasa. Buku ini menjadi petunjuk bahwa Ganjar Pranowo ini bisa menjadi penjembatan untuk  nusantara," jelasnya.

Foto: Wayan Sumardika selaku Tokoh Bali yang juga pendukung Ganjar Pranowo.

Sementara, Wayan Sumardika selaku Tokoh Bali yang juga pendukung Ganjar Pranowo menyampaikan buku ini mengisahkan seseorang sosok Ganjar Pranowo yang dinanti untuk melanjutkan kepemimpinan 5 tahun dan pasca Presiden Jokowi. Bedah buku serangkaian peluncuran ini dilakukan untuk memperkenalkan apa yang ditulis dan akan sampaikan untuk masyarakat Bali, dari ujung barat sampai timur dengan harapan bahwa, masyarakat Bali agar turut peduli pada pemilihan Presiden 2024. 

"Pada pilpres nanti, semua harus berkontribusi menentukan pilihan presiden 2024. Sehingga jangan sampai kesalahan beberapa detik pada pencoblosan, kemudian berdampak lima tahun terhadap hal-hal yang sama sekali tidak memberikan hal baik pada masyarakat Bali," ungkapnya

Julius Felicianus selaku penerbit Galangpress menyampaikan, dipilihnya Bali sebagai lokasi peluncuran buku Ganjar Pranowo ini karena Bali ini menjadi spirit semangat bagi provinsi lain. Seperti diketahui, di Bali dipastikan kemenangan bisa mencapai 90 persen. "Spirit inilah nantinya yang akan ditularkan ke darah lain," tutupnya.(BB).