Hadiri Karya Ngenteg Linggih di Pura Dang Kahyangan Indra Kusuma, Bupati Nengah Tamba Imbau Taati Prokes

  20 September 2021 SOSIAL & BUDAYA Jembrana

Ket poto : Bupati Jembrana I Nengah Tamba SH menghadiri undangan Meguru Saksi serangkaian Karya Memungkah Ngenteg Linggih Padudusan Agung di Pura Dang Kahyangan Indra Kusuma

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Rahina Redite Pon Kulantir, Bupati Jembrana I Nengah Tamba menghadiri undangan Meguru Saksi serangkaian Karya Memungkah Ngenteg Linggih Padudusan Agung di Pura Dang Kahyangan Indra Kusuma, Desa Candiksuma Kecamatan Melaya, Minggu (19/9). Puncak Karya Memungkah Ngenteg Linggih Padudusan Agung di Pura Dang Kahyangan Indra Kusuma jatuh pada rahina Purnama, Selasa (21/9).  

Sebelumnya telah dilaksanakan upacara pemelaspasan dan mendem pedagingan yang dipuput oleh Ida Pandita Empu Tuwed, Ida Pandita Empu Gilimanuk serta Ida Pranda Rai Griya Babakan. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Penglingsir Pura Indra Kusuma yang juga  Bupati Jembrana Periode 2011- 2021 I Putu Artha, Sekda I Made Budiasa bersama Asisten Sekda, Anggota DPRD Jembrana, Ketua MDA Jembrana I Nengah Subagia, Camat Melaya berserta Prebekel se- Kecamatan Melaya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Nengah Tamba menyempatkan ngayah megambel bersama seke gong setempat, selanjutnya melaksanakan persembahyangan bersama kehadapan Ida Bhatara yang Berstana di Pura Dang Kahyangan Idra Kusuma. Usai persembahyangan Bupati beserta jajaran melaksanakan mendem kuangen dimasing-masing pelinggih kemudian menandatangi prasasti pura dan menyerahkan bantuan hibah uang dari Pemkab Jembrana sebesar 1 Milyar Rupiah. 

Bupati Nengah Tamba mengucapkan terimakasih kepada masyarakat karena sudah ngayah dengan tulus iklas dari awal sampai nanti selesai seluruh rangkaian Karya Memungkah Ngenteg Linggih Padudusan Agung di Pura Dang Kahyangan Indra Kusuma ini. “Ini adalah wujud bhakti kita kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa khususnya Ida Bhatara yang Berstana di Pura Dang Khyangan Indra Kusuma. Dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa suaeca Asung Kertha Wara Nugraha ring semeton sareng sami (Semoga Tuhan Yang Mahakuasa senantiasa memberikan rahmat anugerah kepada kita semua) serta rangkaian ucapara ini berjalan dengan lancar dan Labda Karya,” Ucapnya.

Lebih lanjut Bupati Tamba juga meminta kepada Panitia Karya, mengingat Karya Agung ini terlaksanakan ditengah masa pandemi Covid-19, agar selalu mengedepankan prokes yang ketat. “Meski saat ini Kabupaten Jembrana sudah berada di Level III, dan terdapat kelonggaran-kelonggaran terhadap aktivitas masyarakat termasuk aktivitas keagamaan didalamnya, Saya tetap meminta kepada panitia karya untuk selalu disiplin prokes terlebih saat pemedek (masyarakat) tangkil untuk menghaturkan bhakti agar tetap diantur dengan baik dan prokesnya juga dijaga,” Ujarnya.

Sementara itu Panitia Karya. I Made Widiana mewakili seluruh panitia dan krama mengucapkan terimakasih kepada Bupati Jembrana karena telah berkenan hadir dan  menyaksikan rangkaian upacara pada hari ini. “Dapat saya jelaskan untuk dudonan Memungkah Ngenteg Linggih Padudusan Agung di Pura Dang Kahyangan Indra Kusuma, Desa Candiksuma. Hari ini Rahina Redite Pon Kulantir (19/9) dilaksanakan pemelaspas agung dan mendem pedagingan serta meguru saksi, Rahina Soma Wage Kulantir (20/9) dilaksanakan Melasti, Mendak Agung dan selanjutnya Anggara Kliwon Kulantir Rahina Purnama (21/9) dilaksanakan Puncak Karya Ngenteg Linggih,” pungkasnya (BB)