Upacara Tumpek Landep, Senjata Milik Pemkab Jembrana Disucikan

Ket poto : Senjata milik Pemkab Jembrana disucikan oleh Sulinggih

Bertepatan dengan Hari Raya Tumpek Landep, Pemkab Jembrana menggelar Persembahyangan di Pura Niti Praja Pemkab Jembrana, Sabtu (11/09/202).

Digelar terbatas dan tetap menerapkan protokol kesehatan, dihadiri oleh Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna bersama Istri ,  Sekda Kab. Jembrana I Made Budiasa, dan beberapa pimpinan OPD  di lingkungan Pemkab Jembrana.

Dikatakan  Sekda Jembrana I Made Budiasa, selain kendaraan, secara khusus saat pelaksanaan Upacara Hari Tumpek Landep sekarang lebih kepada pembersihan atau penyucian senjata yang ada di Pura Niti Praja. Seperti, senjata Kris, Bajra, senjata Nawasanga (senjata Dewa-dewa) dan semua yang ada di pura Niti Praja Pemkab Jembrana.

"Hari ini merupakan hari suci yang diperingati atau diistimewakan berdasarkan keyakinan dan ungkapan rasa terimakasih kepada Sang Hyang Widhi dengan memberikan ketajaman pemikiran kepada manusia," ungkapnya.

Dilain sisi, Wakil Bupati Patriana Krisna juga menyampaikan, bahwa makna Upacara Tumpek Landep adalah bukan semata mata hanya berupacara fisik kepada benda tajam. Namun lebih dari itu, untuk mensyukuri angyubagia ketajaman pikiran yang dapat mensejahterakan manusia dalam hal membersihkan pikiran, yang disimboliskan dengan penyucian senjata.

"Itu di Pasupati (dihidupkan) supaya memberikan kekuatan ketajaman pikirian, ketajaman tindakan, perilaku serta ketajaman pengetahuan," ungkapnya.

Pada Hari Raya Tumpek landep kali ini, dipuput oleh Ida Pedanda Gede Oka Manuaba Saking Grya Anom Manuaba, Banjar Anyar Batu Agung Jembrana. 


TAGS :

Komentar