Pemenang Lomba Hari Anak Nasional Denpasar Terima Penghargaan

Baliberkarya

Baliberkarya.com - Denpasar. Peringatan Hari Anak Nasional di Kota Denpasar telah berlangsung secara online dan offline menerapkan disiplin prokes pada 23 Juli lalu. Berbagai perlombaan mengisi kegiataan Hari Anak Nasional di Denpasar. Pada Selasa (3/8/2021) sebagai puncak Peringatan Hari Anak Nasional diisi dengan penyerahan penghargaan kepada pemenang lomba dilaksanakan secara offline di Gedung Dharma Negara Alaya Kreatif Hub. Hadir dalam penyerahan oenghargana Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Denpasar, Anak Agung Gede Risnawan,

Terlihat juga Ketua TP PKK Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara dan istri Wakil Wali Kota Denpasar Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa sekaligus menyerahkan penghargaan kepada para pemenang lomba. Turut hadir mendampingi Kadis Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) I Gusti Agung Sri Wetrawati, dan Plt Sekdis DP3AP2KB Agus Tresna Yasa.

Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara dalam sambutan yang dibacakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Denpasar Anak Agung Gede Risnawan menyampaikan melalui peringatan Hari Anak Nasional khsusunya anak Denpasar tetap menjadi anak berprestasi gembira dan inovatif dalam masa pandemi saat ini. 

Lebih lanjut disampaikan persoalan anak di masa  pandemi saat ini untuk selalu bersama-sama menjaga keamanan, kenyaman, keselamatan dan kesehatan  anak. Tema peringatan Hari Anak Nasional yakni Anak terlindungi Indonesia maju dengan tagline anak peduli di masa pandemi yang diantaranya berimplementasi pada kesehatan anak. Transformasi hak anak ke dalam pembangunan pemerintah melakukan kebijakan kota layak anak, dan juga melaksnakan program dalam memberikan kenyamanan, keramahan serta keamanan bagi anak sebgaai penerus bangsa.

Setiap anak berhak memperoleh perlindungan dari kekerasan, sehingga dalam era saat ini pemerintah daerah menciptakan layanan publik yang ramah anak. Anak merupakan modal pembangunan dan awal kunci pemajuan bangsa di masa depan. Denpasar sebgaia Kota Layak Anak kategori utama dan berhak mengekpresikan hak anak dalam berperan serta di kehidupan keluarga, menerima pelayanan dasar, pendidikan dan terlindung dari eksploitasi kekejaman hingga perlakuan salah.

Sementara Kadis DP3AP2KB, I Gusti Agung Sri Wetrawati mengatakan meski di tengah pandemi Covid-19, Beragam kegiatan dikemas Forum Anak Daerah (FAD) Kota Denpasar guna memeriahkan Peringatan Hari Anak Nasional yang jatuh setiap tanggal 23 Juli. Tentunya, peringatan tahun ini dilaksanakan dengan mengedepankan penerapan protokol kesehatan tanpa mengurangi semangat peringatan Hari Anak Nasional. Peringatan HAN Tahun 2021 di Kota Denpasar diisi melalui lomba-lomba untuk Anak dan remaja dalam pemenuhan hak partisipasi anak yang dimulai sejak pertengahan Bulan Juni Tahun 2021.

Kegiatan ini dihelat Forum Anak Daerah Kota Denpasar yang bekerjasama dengan APSAI Kota Denpasar dan stakeholder  terkait ini dikemas secara Daring dan Luring.  Beberapa kegiatan yakni Lomba Melukis Tote bag untuk anak ABK (Anak Berkebutuhan Khusus), Lomba Mewarnai untuk anak TK & Paud,  Lomba Megending Rare untuk anak umur dibawah 14 Tahun, Lomba Mesatua Bali untuk anak umur dibawah 14 Tahun, Lomba Cerdas Cermat untuk anak SD, Lomba Menyanyi Grup Lagu Nasional untuk anak SMP.

Selanjutnya ada pula Lomba Poster Digital untuk anak SMP & SMA, Lomba Esai Kritik untuk anak umur dibawah 18 Tahun, Lomba Video Pendek untuk anak umur dibawah 18 Tahun dan Lomba Video Tiktok untuk anak umur dibawah 18 Tahun. 

Dalam kegiatan tersebut juga diisi pengukuhan pengurus Forum Anak Daerah Kota Denpasar periode 2021-2023, APSAI Denpasar, serta FK Puspa Kota Denpasar. (BB)


TAGS :

Komentar