Bupati Tamba Berpesan Kuatkan Desa Adat Ditengah Pandemi Covid-19

  24 Juli 2021 SOSIAL & BUDAYA Jembrana

Ket poto, Bupati Jembrana I Nengah Tamba SH

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Terpilihnya Bendesa Adat Dauhwaru I Nengah Ritana masa bakti 2021-2026, hari ini dikukuhkan sebagai bendesa secara virtual bertempat Pura Jagatnatha Jembrana, pada rahina Saniscara Umanis, Sabtu (24/7/2021). Dalam pengukuhan tersebut Bupati Tamba berpesan kuatkan desa adat, jaga desa adat di masas pandemi Covid-19.

Pengukuhan tersebut di hadiri Bupati Jembrana I Nengah Tamba didampingi oleh Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna. Pengukuhan secara during maupun luring tersebut diikuti juga oleh Kepala Kementerian Agama Jembrana I Gede Sumarawan, Ketua Majelis Desa Adat Jembrana I Nengah Subagia, Perwakilan PHDI Kabupaten Jembrana, Camat Jembrana beserta masyarakat Desa Adat Dauhwaru.

Pengukuhan tersebht sangat terbatas dan tetap mengedepankan prokes yang ketat mengingat pengukuhan bendesa berlangsung ditengah pemberlakuan PPKM. Bupati Tamba dalam sambhrama wacana (sambutan) mengucapkan selamat kepada I Nengah Rinata sebagai Bendesa Adat Dauhwaru atas terpilihnya kembali sebagai bendesa adat.

"Saya mengucapkan selamat kepada bendesa adat I Nengah Ritana dan mengucapkan terimakasih kepada panitia, karena pengukuhan berjalan lancar, termasuk saat pemilihan yang menggunakan sistem musyawarah/mufakat, melibatkan seluruh masyarakat Desa Adat Dauhwaru, bukan melalui voting," terangnya.

Hal tersebut, lanjut Tamba, sesuai dengan Perda Bali No. 4 Tahun 2019 tentang Desa Adat, pemilihan bendesa hendaknya mengedepankan musyawarah/mufakat. "Artinya segala perbedaan pendapat berhasil disatukan bukan menggunakan sistem voting. Ini sebagai wujud kedewasaan dalam berdemokrasi, luar biasa sekaligus membanggakan,” ujar Tamba.

Lebih lanjut Bupati Tamba mengajak bendesa desa adat beserta prajuru untuk lebih meningkatkan peran aktifnya guna bersama-sama bersinergi dengan lurah, dan prebekel ikut menjaga desa masing-masing ditengah pandemic covid-19 khususnya dalam pemberlakuan PPKM ini.

“Jaga wilayah masing-masing, bantu pemerintah mengedukasi masyarakat untuk selalu displin prokes dan ajak masyarakat yang belum vaksin untuk segara mengikuti vaksinasi Covid-19. Itu menjadi hal yang sangat penting demi kebaikan kita bersama. Kita sekarang harus tertib, disiplin, supaya masyararakat bisa dikendalikan, dan kasus ditangani,” imbuhnya. (BB)