Anjing Rabies Mengamuk Gigit Warga, Wajah Korban Robek Diterkam

  23 Mei 2019 PERISTIWA Klungkung

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Klungkung. Seekor anjing liar tiba-tiba memasuki pekarangan warga dan mengamuk di Banjar Gingsir, Desa Akah, Klungkung. Kejadian yang menghebohkan warga tersebut membuat seorang warga atas nama I Nengah Sirka (54) mengalami robek di bagian wajah akibat terkaman anjing tersebut. Anjing yang positif rabies itu pun akhirnya diburu warga dan dibunuh.
 
 
Dikutip dari Tribunbali.com Nengah Sirka (54) mengaku harus mendapatkan tiga jahitan di wajah setelah berduel dengan anjing liar yang positif rabies, Selasa (21/5/2019).
 
Ia mengaku saat itu tiba-tiba diserang secara membabi buta oleh anjing liar. "Saya merasa khawatir. Setelah diserang anjing itu, saya langsung mencari VAR (vaksin anti rabies)," ujar Nengah Sirka  ketika ditemui di kediamannya, Rabu (22/5/2019).
 
"Itu anjing liar, sering saya lihat. Kemarin sangat ganas. Tumben saya melihat anjing seganas itu, hingga loncat menyerang wajah," kata Nengah Sirka
 
Tidak hanya Nengah Sirka, anjing rabies yang sama juga menyerang dua warga desa Akah lainnya. Anjing betina itu menyerang ketiga wajah korbannya hingga terluka. 
 
Anjing tersebut sudah dibunuh warga dan sampel otaknya telah dibawa ke laboratorium  Balai Besar Veteriner (BBV) Denpasar oleh Tim Keswan Klungkung, Rabu (22/5/2019).
 
Nengah Sirka menceritakan, sebelum digigit ia sebenarnya sedang mengasuh cucunya  Ni Kadek Listiadewi (2). Ketika hendak membuat teh, Sirka meninggalkan cucunya di teras rumah.
 
Saat keluar dari dapur, ia melihat anjing liar berwarna hitam putih itu berada di halaman rumah. Tiba-tiba anjing itu meloncat dan menyerang tubuh Nengah Sirka.
 
“Saya kaget. Anjing itu meloncat dari tanah, dan menyerang tubuh saya. Anjing itu sempat saya tendang hingga terkapar. Beruntung anjing itu tidak menyerang cucu saya yang berada di teras," ungkap Sirka.
 
Bukannya lari setelah ditendang Sirka, anjing itu justru makin ganas menyerang. Anjing liar itu terus melompat dan berusaha menerkam leher pria paruh baya itu. Dengan tangan kosong Sirka memukul anjing hingga terkapar.
 
 
Ketika akan mengambil benda di sekitarnya untuk dijadikan senjata, anjing betina itu kembali melompat dan menerkam wajah  Sirka.
 
Sirka pun berlumuran darah. "Saat saya memalingkan wajah, tiba-tiba anjing itu sudah loncat dan menerkam wajah saya," kata Sirka.
 
Anjing yang sama menyerang warga Banjar Gingsir, Desa Akah lainnya, Ketut Arta (54) sekitar pukul 18.00 Wita. Ketut Arta diserang ketika ngayah di Pura Pasek.
 
Ketut Arta alami dua luka di wajahnya. Korban lainnya Dewa Putu Alin Indrawan. Ia diserang di depan rumah hingga mengalami luka di dahi dan kaki. 
 
Kejadian ini membuat warga Banjar Gingsir, Desa Akah sangat resah. Warga lalu ramai-ramai memburu anjing betina itu.
 
"Malam itu juga, Selasa (21/5/2019), warga memburu anjing itu. Ada yang bawa tombak, senapan angin. Ramai sekali yang memburu anjing itu malam-malam," kata Nengah Sirka.
 
Upaya warga tidak sia-sia. Warga berhasil membunuh anjing tersebut. "Bangkai anjing sudah dibawa oleh petugas, Rabu (22/5/2019), katanya sampel otaknya mau dicek di laboratorium," ungkap Nyoman Sirka
 
Ketiga warga yang menjadi korban gigitan, mendapatkan perawatan medis di RSUD Klungkung dan mendapatkan VAR di Puskesmas Klungkung II. Setelah mendapatkan VAR, Sirka berharap kondisinya akan baik-baik saja.
 
Kabid Keswan Dinas Pertanian Klungkung, AA Arnawa mengakui pihaknya telah mengambil sampel otak anjing yang menggigit tiga warga tersebut, Rabu (22/5/2019) pagi.
 
 
"Sampel otak anjing itu sudah kami bawa ke Balai Besar Veteriner (BBV) Denpasar. Hasilnya sudah keluar, anjing  itu memang positif rabies," kata AA Arnawa.
 
Menurut dia petugas Dinas Pertanian Klungkung akan melakukan eliminasi masif terhadap anjing liar di Desa Akah. "Kami sudah berkoordinasi dengan pihak desa Akah," tandasnya.
 
Berdasarkan data di Bidang Keswan, Desa Akah masuk zona merah rabies sejak tahun 2018. 
 
Selain Akah, beberapa wilayah yang masuk zona rabies yakni Kelurahan Semarapura Kelod, Semarapura Kelod Kangin di Kecamatan Klungkung, Desa Sulang, Sampalan Kelod, Desa Paksebali, Sampalan Tengah, Gunaksa dan Desa Dawan Kelod di Kecamatan Dawan. (BB)