Polres Bersinergi Dengan BPOM Sidak Apotek di Jembrana

  27 Oktober 2022 KESEHATAN Jembrana

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Beredarnya obat sirop yang diduga menyebabkan penyakit ginjal akut terhadap anak-anak menyebabkan BPOM mengeluarkan penringatan kepada para apotek dan toko obat untuk menarik kembali obat tersebut yabf diantaranya Termorex sirup (Obat Demam), Flurin DMP Sirup (obat batuk dan flu), Unibaby Cough (obat batuk dan flu), Unibaby Demam Sirup (obat demam) dan Unibaby Demam Drops (obat demam)

Untuk itu Polres Jembrana bersinergi dengan BPOM Loka Buleleng melakukan sidak langsung ke apotek dan toko obat yang ada di Kabupaten Jembrana. Hasilnya salah satu apotek petugas menemukan obat sirup jenis unibaby sebanyak 101 pcs dan 4 botol sirop termorex.

Saat dikonfirmasi awak media Kasat Reskrim Polres Jembrana AKP Reza Pranata seijin Kapolres Jembrana menjelaskan, kali ini pihaknya melakukan sidak langsung ke apotek Bersama BPOM. “Dari hasil pengecekan hari ini, kami menemukan obat sirup jenis unibaby sebanyak 101 pcs dan 4 botol sirop termorex disalah satu apotek, akan tetapi obat tersebut sudah akan ditarik oleh distributor,” terangnya. Kamis (27/10/2022).

Menurutnya, kebanyakan pihak pengelola apotek sudah mengetahui obat yang sudah dilarang dan dirilis oleh BPOM. “Memang tidak ditemukan dan sudah dijual belikan kembali dan sudah ditarik oleh pengelola apotek maupun dari distributor distributor resmi. Para pengelola juga ikut memberikan himbauan dan edukasi kepada konsumennya saat mereka membeli obat,” jelasnya.

Sebelumnya, lanjut Reza, pihaknya sudah turun melakukan pengecekan di 26 titik dan memang sampai saat ini tidak ditemukan obat yang memang dilarang oleh BPOM. “Sampai saat ini juga di Kabupaten Jembrana berdasarkan rilis dari dinas kesehatan terkait gejala penyakit ginjal akut ini belum terdeteksi di Jembrana,” ujarnya. (BB)