Wujudkan Kelestarian Alam Bali, Forum Pemuda NTT Tanam 510 Pohon Bakau

  17 Juni 2023 SOSIAL & BUDAYA Denpasar

Forum Pemuda Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar kegiatan sosial berupa penanaman bakau di di Taman Hutan Raya, Bendungan Gerak Tukad Mati, Suwung, pada Sabtu (17/6).

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Forum Pemuda Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar kegiatan sosial berupa penanaman bakau di di Taman Hutan Raya, Bendungan Gerak Tukad Mati, Suwung, pada Sabtu (17/6). Aksi tersebut sebagai bentuk sosial untuk berkontribusi dalam mewujudkan kelestarian alam.

Ketua Umum Forum Pemuda (FPN) Nusa Tenggara Timur (NTT) Adi Papa Ndale menerangkan, dalam kegiatan yang dimulai sejak pagi hari ini pihaknya juga berkolaborasi dengan Yayasan Peduli Cinta Indonesia dan Diesel One Solidarity dengan total mangrove yang ditanam sebanyak 510 pohon.

"Persiapan kami hampir satu setengah bulan, dengan tema gerakan penanaman mangrove demi mewujudkan kelestarian alam, ada lebih dari 550 orang yang ikut serta," katanya. 

Menurut Adi Papa Ndale, keberadaan hutan mangrove memiliki banyak manfaat bagi lingkungan. Mulai dari sebagai habitat hewan-hewan kecil, serta rantai makanannya. Lalu, pelindung kawasan pesisir, melindungi laut dari lumpur dan air yang jernih, juga mampu memproduksi oksigen dalam jumlah besar. Selain itu, memiliki fungsi ekonomis, seperti tempat wisata, hingga tempat berlabuhnya perahu-perahu kecil.

Saat ini luas hutan mangrove di seluruh Indonesia mencapai 3,36 juta Ha atau 20,37% dari total luas hutan mangrove di dunia. Diharapkan, luasnya bisa bertambah dengan adanya kegiatan-kegiatan sosial penanaman ini. "Sehingga dapat memberikan manfaat lebih untuk kehidupan," tandasnya seraya menyebut selain menanam bakau, pihaknya juga melaksanakan makan bersama dan pembagian paket sembako sebagai ajang silaturahmi. 

Sementara itu, Managing Director Diesel One Solidarity Ayuningtyas Widari Ramdhaniarta sangat mengapresiasi kegiatan yang berdekatan dengan Hari Lingkungan Hidup sedunia pada Senin (5/6) lalu. Karena merupakan salah satu program Diesel One Solidarity  platform CSR dari Diesel One Group yang dipimpin Dicky Yohanes, untuk melindungi alam dan lingkungan. 

"Kami sangat bangga karena rutin Forum Pemuda NTT melaksanakan kegiatan sosial baik di Bali maupun di Jakarta, kami mengucapkan terimakasih kepada Yayasan Peduli Cinta Indonesia, Forum Pemuda NTT dan Andy Opa Gaul yang sudah mengajak kami berkolaborasi," ucapnya.

Lebih lanjut, Ayuningtyas mengatakan penanaman mangrove perlu terus dilaksanakan dan digaungkan. Sebab, kalau tak ditanami mangrove, terlihat pantai-pantai di Bali terancam terkena abrasi yang berbahaya untuk lingkungan dan penduduk sekitar. 

"Jadi kalau bukan kita yang mulai siapa lagi, kita tidak bisa menunggu orang lain yang memulai, harus dari sekarang, peran Diesel One Solidarity dalam kegiatan ini kami membantu pendanaan dan kami percayakan semua pengelolaan kegiatan kepada Forum Pemuda NTT sebagai mitra kami," tutupnya.(BB).