Waspada! Penipuan, Modus Akun Fb Palsu 'Catut Nama' Dewan Jembrana Mulai Marak

  04 Juni 2018 PERISTIWA Jembrana

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana. Belakangan ini mulai marak aksi penipuan di dunia maia dengan modus menggunakan akun facebook (fb) palsu. Sejumlah netizen bahkan nyaris tertipu karena akun Fb palsu yang digunakan mencatut nama anggota DPRD Jembrana lengkap dengan foto profilnya.
 
 
Sejak tiga hari belakangan ini, pengguna media sosial (medsos) terutama Fb atau para netizen, mulai mendapatkan kiriman pertemanan dari akun fb dengan mencatut beberapa anggota DPRD Jembrana.
 
Diantaranya akun Fb Gede Agus Sanjaya, yang diketahui sebagai anggota DPRD Jembrana dari partai Hanura. Bahkan dalam akun Fb Agus Sanjaya tersebut lengkap berisi foto profil anggota DPRD Jembrana tersebut, berikut foto-foto dokumen kegiatannya sebagai anggota dewan dan pengurus partai.
 
Jika kiriman pertemanan diterima oleh para netizen, akun Fb palsu yang mencatut nama anggota dewan Jembrana tersebut kemudian inbox lewat mesenger. Buntut-buntutnya jika dilayani chating, pemilik akun palsu tersebut meminta tolong agar dikirimkan pulsa Rp 100 ribu dan uangnya akan diganti.
 
 
“Dia (akun palsu) chat saya dan minta dikirimin pulsa seratus ribu rupiah, katanya dia tidak bisa keluar karena ada tamu penting. Nanti uang pulsanya akan diganti. Nama akun Fb itu Gede Agus Sanjaya, lengkap dengan foto pak Agus,” ujar salah seorang netizen yang mengaku kenal dengan salah seorang anggota DPRD Jembrana itu, Senin (4/6/2018).
 
 
Namun karena dia sangat mengenal baik Gede Agus Sanjaya, salah seorang netizen tersebut berusaha menghubungi Gede Agus Sanjaya untuk menanyakan kebenaran permintaan kiriman pulsa tersebut. Namun dijelaskan oleh Gede Agus Sanjaya bahwa akun Fb yang mengatasnamakan dirinya itu adalah akun palsu dan minta diabaikan.
 
Selain nama Gede Agus Sanjaya dicatut untuk dijadikan akun Fb palsu untuk melakukan penipuan, Suegardana Cita, anggota DPRD Jembrana dari Fraksi PDIP juga bernasib sama. Namanya dicatut dan digunakan untuk nama akun Fb palsu lengkap dengan foto-fotonya untuk modus penipuan bagi para netizen.
 
 
Anggota DPRD Jembrana dari Partai Hanura Gede Agus Sanjaya dikonfirmasi melalui ponselnya tadi sore membenarkan ada akun Fb palsu yang mengatasnamakan dirinya digunakan untuk modus penipuan.
 
“Saya yakinkan itu akun palsu dan mohon jangan dihiraukan, apalagi meminta dikirimin pulsa kepada para netizen. Jika perlu diblokir saja akun itu,” terangnya singkat.(BB)