Waspada! Modus 'Papa Minta Duit', Akun Palsu Berwajah Cewek Cantik Sasar Pejabat di FB

  30 Juni 2018 PERISTIWA Jembrana

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana. Belakangan ini aksi penipuan melalui media sosial (medsos) dengan menggunakan akun palsu marak. Bahkan akun palsu berkedok wanita cantik itu justeru banyak berteman dengan anggota DPRD Jembrana dan DPRD Bali, serta sejumlah pejabat lainnya dan para pengusaha.
 
 
Informasi yang berhasil dihimpun di lapangan, penipuan ini biasanya menyasar kalangan pejabat, seperti anggota DPR, Kepala Dinas maupun para pengusaha dan orang-orang tertentu yang aktif di medsos, terutama Facebook (Fb). Hal ini bisa terjadi lantaran diduga sistim data dari Fb masih lemah, terutama untuk membuat akun Fb baru.
 
 
Seperti yang dialami oleh beberapa pejabat di Jembrana. Mereka menjadi korban penipuan melalui medsos dan pelakunya menggunakan akun palsu dengan memasang foto profil seorang cewek berwajah cantik dan berpenampilan seksi.
 
Salah satunya yang dilakukam akun Fb Naura Fazila (fazila). Dalam akun ini, dipasang profil seorang gadis berwajah cantik. Kemudian akun ini mengirim pertemanan kepada sejumlah pejabat. Jika pertemanan itu diterima, pengguna akun Fb palsu tersebut langsung inbox pejabat yang bersangkutan.
 
"Dia inbox saya, minta dicarikan kerjaan. Katanya dia tinggal di Surabaya kerja di kafe, dia bilang mau kerja di Bali, tapi tidak punya ongkos buat ke Bali. Dia minta dikirimin ongkos ke Bali naik pesawat," ujar salah seorang pejabat di Jembrana, Sabtu (30/6/2018).
 
 
 
Sebagai jaminan bahwa yang bersangkutan serius mau ke Bali untuk mencari kerja, akun Fb palsu tersebut mengirimkan foto KTP. Bahkan untuk memancing agar korban percaya akun Fb palsu tersebut mengirimkan foto-foto cewek bugil, seolah-olah foto tersebut foto bugil dirinya.
 
"Saya hampir percaya dan hampir transfer uang. Tapi begitu dia kirim nomer rekening ternyata rekeningnya atas nama Sawaludin, seorang laki-laki, jadinya saya curiga," tuturnya.
 
Kecurigaan pejabat ini bertambah, setelah memperhatikan foto KTP yang dikirimkannya, ternyata itu KTP editan. Kerna itu, dirinya mengurungkan niat untuk mengirimkan uang kepada gadis cantik dalam akun Fb palsu tersebut.
 
 
Dari pengakuan salah seorang pejabat yang enggan namanya disebut ini, Baliberkarya.com mencoba melakukan penelusuran dengan mengirim pertemanan kepada akun Fb atas nama Naura Fazila tersebut. Benar saja permintaan pertemanan langsung diterima dan Naura Fazila langsung inbox.
 
Ternyata benar dalam inbox, Naura Fasila meminta dicarikan pekerjaan di Bali dan akan berangkat ke Bali. Namun yang bersangkutan meminta baliberkarya.com untuk mengirimkan sejumlah uang ke rekening Sawaludin untuk biaya pembelian tiket pesawat ke Bali.
 
 
Untuk meyakinkan Naura Fazila mengirimkan poto KTP dirinya yang ternyata editan dan beberapa foto gadis bugil yang diklaim sebagai foto dirinya. Foto-foto gadis bugil tersebut hampir mirip dengan wajah Naura Fazila.
 
 
Guna memastikan bahwa itu hanya modus penipuan, baliberkarya.com kemudian mengirimkan bukti transfer sebesar Rp 1 juta kepada akun Naura Fazila, tentunya bukti transfer tersebut adakah palsu yang telah melalui proses editing sebelumnya.
 
Begitu bukti transfer diterima Naura Fazila, dia kemudian mengucapkan terimakasih dan meminta menjemputnya di Bandara Ngurah Rai, Denpasar 3 jam berselang. Namun, usai kejadian tersebut seketika itu pula akun Fb Naura Fazila lenyap tanpa bekas.(BB)