Walikota Jaya Negara Mendem Pedagingan di Prajapati, Pura Kahyangan Sumerta

  23 Desember 2022 SOSIAL & BUDAYA Denpasar

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar. Pemugaran Palinggih Prajapati, Pura Kahyangan Desa Adat Sumerta Kecamatan Denpasar Timur telah berlangsung, dan pada Jumat (23/12) dan dilanjutkan dengan  pelaksanaan upacara Mecaru.  Upacara ini dipuput dua sulinggih yakni, Ida Pedanda  Gede Putra Bajing dari Griya Tegal Jinga Sumerta Denpasar dan Ida Rsi Griya Tembawu.

Dalam pelaksanaan upacara tersebut hadir Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara yang sekaligus mendem pedagingan di palinggih Prajapati, Pura Kahyangan Desa Sumerta. Hadir pula Kabag Kesra Setda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Surya Antara.

"Semoga dalam pelaksanaan upacara ini dapat meningkatkan sradha bakti masyarakat di desa adat Sumerta," ujar Jaya Negara disela-sela pelaksanaan upacara. Jaya Negara juga berharap dapat terus meningkatkan rasa menyama braya bergotong royong yang tidak terlepas dari   Weda Wakya Vasudaiva Khutumbakam yang mengandung makna dalam kehidupan ini kita semua bersaudara.

Sementara pengemong Pura Kahyangan Desa Adat Sumerta, Made Oka Berata menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Walikota Jaya Negara dan juga telah melaksanakan mendem pedagingan di palinggih Padmasana Prajapati. Dijelaskan bahwa pura Kahyangan di emong empat banjar yakni, Banjar Bengkel, Kepisah, Kedaton dan Kertha Bumi. "Pelaksanaan upacara Mecaru Rsi Gana di Pura Prajapati telah berlangsung melalui swadaya pasemetonan dan warga masyarakat. (Rls/BB)