Wabup Ipat Sidak Gudang Bulog, Stok Beras Aman hingga Akhir Tahun

  13 September 2023 PERISTIWA Jembrana

Ket poto: Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna sidak langsung gudang Bulog Penyaringan

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Pemerintah Kabupaten Jembrana, Bali, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke gudang penyimpanan beras Bulog di Banjar Tembles, Desa Penyaringan, Rabu (13/7/2023). Sidak dipimpin Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna.

Dalam sidak tersebut, Wabup Ipat, sapaan akrab Patriana Krisna, mendapati stok beras di gudang Bulog Jembrana saat ini sebanyak lebih dari 500 ton. Stok yang begitu besar diyakini aman untuk keperluan beras masyarakat Jembrana hingga akhir tahun ini.

"Dengan stok yang begitu besar, cukup hingga akhir tahun. Jadi saya pikir tidak ada alasan lagi harga beras ini akan kembali meningkat," kata Ipat.

Ipat menambahkan, jika dengan berbagai upaya yang dilakukan, harga beras di pasaran tidak juga menurun, pihaknya akan segera bersurat kepada Bulog meminta diadakannya operasi pasar. "Dengan cara ini mudah-mudahan stok beras aman dan harga beras kembali normal," harapnya.

Sementara itu, Kepala Gudang Bulog Penyaringan Jembrana I Wayan Adi Astika mengungkapkan, stok beras di gudang sampai saat ini sebanyak 500 ton. Stok di Bulog ini sifatnya nasional, sehingga jika stok beras di gudang Bulog Penyaringan kurang, maka akan bisa dibawakan dari gudang Bulog terdekat.

"Jadi kemarin Kepala Kantor kami di Kanwil Denpasar menjelaskan bahwa stok beras hingga akhir tahun ini aman," kata Astika.

Pihaknya hingga saat ini sedang menyiapkan beras untuk bantuan pangan 3 bulan ke depan. Pihaknya mendapatkan penugasan dari Kementerian Bappenas untuk melakukan pendistribusian beras SPHP.

"Untuk menstabilkan pasokan dan harga pangan. Dan itu pun sudah kami lakukan dan sudah kami keluarkan dari gudang ini beratus ton untuk wilayah Jembrana. Mudah-mudahan nanti dengan program ini masyarakat tersentuh dan harga bisa kembali normal," harapnya.

Lebih lanjut disebutkannya harga beras di bulog saat ini seperti beras SPHT harganya sekarang 9.950/Kg, dan untuk harga pengecer paling tinggi 10.900/Kg. “Mudah-mudahan para pedagang tidak menjual melebihi daripada harga supaya masyarakat tidak kena dampak kenaikan,” tandasnya. (BB)