Vaksinasi Rabies di Banjar Pengajaran Kaler Diperluas, Target 80 Persen

  11 Januari 2024 KESEHATAN Jembrana

Ket poto : Tim vaksin melakukan vaksin rabies di salah satu rumah di Banjar Pengajaran

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana, Petugas vaksinasi rabies dari Kecamatan Negara, Jembrana, terus berupaya mencapai target cakupan vaksinasi 80 persen di Banjar Pengajaran Kaler, Desa Brangbang.

Koormedik Veteriner Kecamatan Negara, drh. Ni Nyoman Citra Susilawati, mengatakan bahwa vaksinasi lanjutan dilakukan menyusul adanya korban gigitan anjing positif rabies pada tanggal 31 Desember 2024.

"Hari ini kita kembali melakukan vaksinasi, hal ini untuk menindaklanjuti dari hasil positif rabies yang keluar dari lab pada tanggal 7 Januari 2024," ucapnya. Kamis (11/1/2024).

Menurutnya, dari hasil vaksinasi darurat yang dilakukan sejak tanggal 8 hingga 11 Januari 2024, sebanyak 65 ekor anjing dan 11 ekor kucing telah tervaksin. "Kegiatan ini akan terus berlanjut sampai nanti kita mencapai hasil vaksinasi 80 persen," jelasnya.

Sementara Kelian Banjar Pengajaran Kaler, I Putu Karang, mengapresiasi upaya petugas vaksinasi yang telah cepat tanggap terjun langsung ke banjarnya.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Tim Rabies dan Tim Kesehatan yang telah cepat tanggap terjun langsung ke banjar kami," ucapnya.

Karang mengatakan bahwa di wilayahnya memang banyak warga yang memelihara anjing. Pada tanggal 31 Desember 2024, tiga warganya digigit anjing rabies. Warga yang digigit telah mendapatkan VAR di Puskesmas dan RSU Negara.

"Saya berharap dengan adanya vaksinasi ini, dapat mencegah penyebaran penyakit rabies di wilayah kami," pungkasnya. (BB)