Universitas Udayana, RSUP Prof. Ngoerah, dan RS Mata Bali Mandara Jalin Kerja Sama Lions Eye Institute

  10 Agustus 2023 PENDIDIKAN Badung

Universitas Udayana (Unud), RSUP Prof. Ngoerah, RS Mata Bali Mandara, dan Lions Eye Institute, Australia menandatangani MoU bertempat di Aula Werkudara Gedung Poliklinik RSUP Prof. Ngoerah, Kamis (10/8/2023).

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Universitas Udayana (Unud), RSUP Prof. Ngoerah, RS Mata Bali Mandara, dan Lions Eye Institute, Australia menandatangani MoU bertempat di Aula Werkudara Gedung Poliklinik RSUP Prof. Ngoerah, Kamis (10/8/2023).

Dalam kesempatan ini Rektor Unud diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Informasi Prof. I Putu Gede Adiatmika. Sebelum penandatanganan MoU dilaksanakan Visiting Professor Lecture oleh Professor William Huxley Morgan dari Lions Eye Institute.

Wakil Rektor Prof. I Putu Gede Adiatmika dalam sambutannya menyampaikan bahwq Lions Eye Institute memiliki kontribusi yang sangat penting bagi Universitas Udayana untuk pengembangan proses pendidikan dan penelitian. Sebelum dilaksanakan kerja sama empat pihak ini, Universitas Udayana telah menjalin kerja sama dengan Lion Eye dan saat ini menyertakan RSUP Prof. Ngoerah dan RS Mata Bali Mandara untuk bergabung dalam kerja sama ini. 

Sebagai informasi Unud memiliki mitra kerja sama dengan universitas di Australia Barat yakni The University of Western Australia dimana salah satu Profesornya yakni Professor Kadambot Siddique menjadi salah satu anggota International Advisory Board Universitas Udayana. 

Hal ini dapat membuka peluang kerjasama antara Unud dan Lions Eye University dengan The University of Western Australia. Melalui kesempatan tersebut Wakil Rektor juga memberikan apresiasi atas dukungan dari Lions Eye Institute pada Universitas Udayana dan juga Departemen Optalmologi/Mata dalam mengembangkan perawatan klinis serta kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi.

Wakil Rektor berharap, MoU ini dapat ditindaklanjuti melalui berbagai kegiatan yang lebih spesifik melalui penandatanganan MoA. Kerja sama ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi Program Studi Spesialis Ilmu Kesehatan Mata khususnya dan juga bagi Universitas Udayana.

Professor William Huxley Morgan dari Lion Eye Institute dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa ini untuk pertama kali pihaknya menandatangani MoU dengan beberapa institusi, dan dapat meningkatkan kerjasama yang telah dijalin  lebih dari 10 tahun dengan Universitas Udayana. Pihaknya sudah datang ke Bali lebih dari 25 tahun yang lalu dan sudah melihat perbedaan pertumbuhan dari 25 tahun yang lalu. 

Sebagai contoh pertumbuhan dari training program, ada 60 residen dari Australia Barat yang tertarik. Tahun ini adalah tahun pertama residen dari Australia akan ditempatkan di Indonesia, lebih tepatnya di Bali dan Jakarta. 

Melalui project kerja sama yang dilakukan di Bali pihaknya ingin memastikan teknologi yang digunakan dapat diberikan kepada pasien. Professor William Huxley Morgan juga berterima kasih atas kesempatan kerja sama yang sudah dijalin ini.(BB).

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita5825-Universitas-Udayana-RSUP-Prof-Ngoerah-dan-RS-Mata-Bali-Mandara-Jalin-Kolaborasi-Kerjasama-dengan-Lions-Eye-Institute.html