Unik, Warga dan Petugas Apel Ditengah Laut Peringati HUT RI ke 78 Saat Air Pasang

  17 Agustus 2023 PERISTIWA Jembrana

Ket poto: Peringati HUT RI ke 78 warga dan petugas melakukan apel ditengah laut

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Meski diguyur hujan dan air pasang, puluhan nelayan dan Kelompok Pariwisata Teluk Gilimanuk, Kelurahan Gilimanuk, Jembrana bersama TNI AL dan AD berjumlah keseluruhan 19 orang melakukan apel di Pulau Timbul berada ditengah laut

Ke sembilan belas warga dan petugas tersebut tidak menyurutkan tekad dan semangat untuk mengibarkan Sang Saka Merah Putih di tengah tengah laut Teluk Gilimanuk. Unruk mengadakan apel ditengah laut, mereka menaiki perahu milik kelompok nelayan setempat.

Ketua Kelompok Pariwisata Teluk Gilimanuk Soni Budi Kusuma mengaku, kegiatan apel tersebut juga pernah dilakukan tahun lalu, kegiatan tersebut merupkan bentuk penghormatan kepada para pejuang terdahulu yang berhasil meraih kemerdekaan.

"kita mengikuti kegiatan tahun lalu, cuma bedanya jika tahun lalu kita ketemu dengan air surut, kalai ini kita ketemu air pasang. Jadi kita melaksanakan upacara semaksimal mungkin walaupun sederhana, namun hari ini ide ini mendadak sekali, kenapa mendadak karena pas hari ini 17 Agustus air sedang pasang,” terangnya. Kamis (17/8/2023).

Pihaknya melaksanakan upacara di tengah-tengah Teluk Gilimanuk dengan kondisi air pasang selutut, bahkan di bawah lutut. “Lita laksanakan dengan sesederhana mungkin, walaupun kita laksanakan dengan sangat sederhana, namun tidak mengurangi kesakralan saat kita kibarkan sang saka merah putih tersebut,” jelasnya.

Soni mengungkapkan, Pulau Timbul yang berada di Teluk Gilimanuk tersebut biasanya muncul saat air surut. “Air surut hanya beberapa jam saja namun jika air pasang seperti saat ini, Pulau Timbul ini akan hilang dan tenggelam,” ucapnya. (BB)