Tukar Informasi, PDIL Sekolah Pascasarjana UGM Kunjungi S3 Ilmu Lingkungan Pascasarjana Unud

  05 Juli 2023 PENDIDIKAN Denpasar

PDIL Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada mengunjungi Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan Pascasarjana Universitas Udayana, pada hari Rabu, 5 Juli 2023.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Bali berkarya.com-Denpasar. Bertempat di Gedung Pascasarjana Universitas Udayana, guna menambah pengetahuan, pengertian serta pelaksanaan kegiatan pendidikan ilmu lingkungan, PDIL Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada mengunjungi Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan Pascasarjana Universitas Udayana, pada hari Rabu, 5 Juli 2023. 

Kegiatan ini dipimpin oleh Prof. Dr. Eko Haryono, M.Si., yang merupakan koordinator Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada dengan didampingi oleh dosen, mahasiswa serta tenaga kependidikan. Adapun maksud dari tujuan kunjungan ini adalah untuk mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan pendidikan ilmu lingkungan di Prodi Lingkungan Pascasarjana Universitas Udayana. 

Rombongan diterima langsung oleh Plt. Direktur Pascasarjana Universitas Udayana Prof. Dr. I Wayan Budiasa, SP., MP, didampingi oleh Koordinator Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan Pascasarjana Universitas Udayana Prof. Dr. Ir. I Wayan Arthana, MS., Koordinator Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Ni Made Utami Dwipayanti, ST., M.BEnv., PhD, serta dosen PDIL Dr. Drs. I Made Sara Wijana, MSi. 

Dalam sambutannya Plt Direktur Pascasarjana Unud menyampaikan terima kasih karena sudah berkenan berkunjung ke Pasca Unud, khususnya ke S3 Ilmu Lingkungan. Adanya kunjungan ini akan dapat menambah ide, gagasan, serta pengetahuan baru dalam pengelolaan prodi doktor ilmu lingkungan, imbuh Prof Budiasa.

Sementara itu Prof Arthana dalam sambutannya menyampaikan bagaimana pengelolaan program studi ilmu lingkungan baik itu magister maupun doktor, dimana mengelola program doktor  dikatakan cukup sulit, terutama untuk mengejar lulusan tepat waktu. Terkait dengan hal itu, Prof Arthana juga meminta informasi bagaimana PDIL Sekolah Pascasarjana UGM, mengatasi hal tersebut. 

Prof Arthana juga menyampaikan bahwa PDIL Pasca Unud juga mempunyai Double Degree Program (DDP) dengan Department of Environmental Remote Sensing, Graduate School of Science and Engineering, Chiba University, Jepang yang sudah memberangkatkan satu orang mahasiswanya pada 1 April 2023 lalu.

Prof. Eko dalam paparannya menyampaikan bahwa, tujuan kunjungan ini selain untuk menambah pengetahuan dalam pengelolan ilmu lingkungan, diharapkan juga dapat memperat hubungan antara Pascasarjana Universitas Udayana dengan Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada, tentunya juga antar ilmu lingkungan di kedua institusi.

Dimana disebutkan juga bahwa Pasca Unud juga sudah bernah berkunjung ke Sekolah Pascasarjana UGM pada Tahun 2019 lalu. Selain itu, adanya wadah untuk program studi ilmu lingkungan seluruh Indonesia yang tergabung dalam PEPSILI dikatakan juga akan membuat proses pertukaran informasi mengenai prodi lingkungan menjadi semakin mudah. 

Terkait dengan akreditasi dikatakan Prof Eko, salah satu rencana program dari PEPSILI adalah akan membentuk Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) khusus Ilmu Lingkungan. Dalam mewujudkan tercapainya lulusan tepat waktu, Prof Eko juga menyampaikan bagaimana PDIL Sekolah Pascasarjana UGM membuat kurikulum yang akan memfasilitasi hal tersebut, yakni salah satunya dengan adanya mata kuliah Kapita Selekta. 

Dimana mata kuliah ini diampu oleh masing-masing Promotor dan Kopromor dari kandidat doktor yang ditempuh oleh mahasiswa pada semester I dan disampaikan rasa terima kasih atas kesediaan Pascasarjana Unud menerima kunjungannya.(BB).

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3234-Bertukar-Informasi-PDIL-Sekolah-Pascasarjana-UGM-Kunjungi-S3-Ilmu-Lingkungan-Pascasarjana-Unud.html