Tragis! Bus Pahala Kencana Masuk Jurang Sungai, Sopir Tewas Ditempat

  24 Juli 2016 PERISTIWA Tabanan

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Tabanan. Bus malam Pahala Kencana mengalami kecelakaan dan masuk jurang sungai Yeh Otan di Banjar Dinas Bajera Utara, Desa Bajera, Kecamatan Selemadeg, Tabanan, Bali, Minggu (24/7/2016).
 
Musibah itu bermula ketika bus bernomor polisi D 7897 tanpa penumpang tersebut memasuki kilometer 39,500 dijalur Umum Denpasar-Gilimanuk bus itu justru mengalami kecelakaan. 
 
Bus malam itu sebelumnya melaju dari arah Denpasar setelah menurunkan penumpang atau drop penumpang di Tanjung Benoa Denpasar dan hendak menuju Gilimanuk dengan tujuan Bandung, Jawa Barat. 
 
Namun naas, sesaat setelah melewati jalan turunan tikungan tajam ke kanan tiba-tiba pengemudi bus tidak mampu menguasai laju kendaraan. Laju bus akhirnya oleng ke kanan lalu menabrak pagar pengaman jembatan sebelah utara sebelum akhirnya terjun bebas ke dalam jurang sungai setinggi 30 meter. 
 
"Peristiwa itu terjadi pukul 01.45 Wita dan diduga kecelakaan bus ini disebabkan karena diduga sopir bus Pahala Kencana kelelahan dan mengantuk," ujar Kasat Lantas Polres Tabanan AKP Gede Astawa.
 
Akibat kejadian ini, sopir bus bernama Didin Saefudin (48) yang beralamat Graha Bukit RT II Blok L6/16 RT 003/024 Cilame, Kabupaten Bandung itu meninggal dunia di tempat lantaran diduga mengalami cedera kepala berat.
 
Sementara, pengemudi bus lainnya yakni Toto Sunyoto (63) yang beralamat Jalan Babakan Sari III/196 RT 05 RW 15 Bandung, Jawa Barat itu mengalami luka robek pada dahi, dan luka lecet pada kaki kanan. 
 
Sedangkan, kondektur atau kernet bus bernama Purnama Sidiq (31) asal Mandala Sari, Cikanjung, Bandung, JABAR mengalami luka robek pada dagu, luka robek pada paha kanan yang diduga patah, serta luka robek pada punggung tangan kanan.
 
"Para korban dibawa dan dirawat di Rumah Sakit Umum Tabanan. Kita masih melakukan penanganan terhadap kecelakaan ini dan berupaya melakukan proses evakuasi badan bus dari dasar jurang," ungkapnya.
 
Bus yang mengalami kecelakan itu tentu saja menjadi tontonan warga dan pengendara yang melintas. Pasalnya, hingga saat ini badan bus belum bisa di evakuasi mengingat medan yang terjal dan jurang yang dalam. 
 
Selain lantaran sopir mengantuk, spekulasi berkembang jika kecelakaan tragis itu akibat bus asal Bandung, Jawa Barat itu mengalami kerusakan dimana remnya yang blong. (BB)