Tradisi Mepatung di Rutan Negara, Sambut Hari Raya Galungan

  31 Juli 2023 SOSIAL & BUDAYA Jembrana

Ket poto : WBP Rutan Negara potong hewan babi menjelang perayaan hari raya Galungan

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Seperti yang telah dilakukan pada perayaan Galungan dan Kuningan sebelumnya, Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Negara (Rutan Negara) kembali menggelar tradisi mepatung dengan memotong hewan babi. Pada kesempatan kali ini, sebanyak 5 ekor hewan babi yang telah diternakkan oleh kelompok kerja (pokja) Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Negara menjadi bagian dari perayaan ini.

Pemotongan hewan babi dilaksanakan oleh para WBP mulai pukul 00.10 Wita hingga pukul 07.30 Wita. Jumlah keseluruhan babi yang dipotong mencapai 5 ekor, dengan total berat mencapai 400 kg atau setara dengan 4 kuintal. Masing-masing bagian babi dipotong seberat 3 kg, yang akan dibagikan kepada seluruh 63 pegawai Rutan Negara. Selain itu, daging babi hasil pemotongan ini juga akan dibagikan kepada keluarga dari anggota pokja Peternakan WBP yang turut aktif dalam pemeliharaan dan penyembelihan hewan.

Kasubsi Pelayanan Tahanan, I Nyoman Tulus Sedeng, ketika dikonfirmasi, menyatakan bahwa tradisi mepatung ini dilakukan setiap menjelang hari raya Galungan dan Kuningan, dengan pelaksanaan secara berkala setiap 6 bulan sekali. "Ini merupakan wujud syukur kami karena di pokja open camp ini dapat terus berjalan lancar hingga mampu menghasilkan babi yang bisa kami bagikan setiap hari raya Galungan," terangnya. Senin (31/7/2023).

Salah satu WBP di Pokja Peternakan Rutan Negara yang dipanggil dengan nama Putu, menyatakan kebahagiaannya menyambut hari raya Galungan dengan dipotongnya hewan peliharaannya. "Sedih juga sedikit karena kan dari kecil saya yang mengurusinya, tapi ini untuk tujuan yang baik, berbagi dengan sesama, jadi ya turut senang juga bisa berhasil memelihara dan membagikan daging babi ini kepada semua petugas dan keluarga," ucapnya.

Kepala Rutan Negara, Lilik Subagiyono, merasa bangga dengan tetap terjaganya tradisi mepatung ini dan berharap agar kegiatan tersebut dapat terus dilaksanakan di masa-masa yang akan datang. "Kegiatan ini tidak hanya sekadar berbagi, tetapi juga mempererat tali silaturahmi antara pegawai serta keluarga WBP. Saya pribadi beserta seluruh jajaran petugas Rutan Negara mengucapkan Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan Tahun 2023," pungkasnya. (BB)