Tingkatkan Sistem Akuntabilitas Kinerja, Bupati Bangli Buka Evaluasi dari Provinsi

  03 September 2019 SOSIAL & BUDAYA Bangli

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Bangli. Dalam upaya meningkatkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP), dimana sistem ini merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan di pemerintah Kabupaten Bangli, Selasa (3/9/2019) digelar acara evaluasi implementasi Sistem Akuntabilitas kinerja Instansi pemerintah oleh Inspektorat Provinsi Bali. Acara yang dipusatkan di Ruang pertemuan Krisna Sekretariat daerah kabupaten Bangli di Dibuka Oleh Bupati Bangli didampingi Sekta Kabupaten Bangli, turut  hadir Inspektorat Provinsi Bali dan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangli.
 
 
Bupati Bali I Made Gianyar menyampaikan apresiasi kepada Tim dari Provinsi Bali yang telah melakukan pendampingan kepada Pemerintah Kabupaten Bangli terkait dengan evaluasi tentang SAKIP. Pada dasarnya kahupaten/Kota yang ada di Bali bisa berjalan seiring seirama dengan dikomandani oleh Inspektorat Provinsi Bali, Sekuat apapun otonomi tetap selalu berjalan dalam bingkai NKRI. Sampai saat ini kita sudah sering di fasilitasi oleh Provinsi Bali meskipun dalam perjalannya selalu ada keterlambatan dan kekurangan namun hal itu seiring berjalan waktu dan semangat dari OPD berangsur bisa diperbaiki. 
 
“Dalam pemerintahan tidak ada sesuatu yang tidak melalui proses perencanaan, tidak ada OPD yang melaksanakan kegiatan semaunya semua melalui perumusan RPJMD yang sejalan dengan VISI dan MISI pembangunan di Kabupaten Bangli” Kata Made Gianyar. “Lebih lanjut Made Gianyar menyampaikan menjalankan pemerintahan sebenarnya tidak ada yang sulit hanya dengan satu cara yaitu Tulis apa yang dilakukan dan lakukan apa yang dituli, dengan demikian apa yang kita rencanakan sudah tentu harus dijalankan dan begitu juga sebaliknya, Apa bila hal itu dijalankan dengan baik yakinlah segala sesuatunya akan bejalan dengan baik pula” tambahnya. Dengan pendampingan dari Inspektorat Provinsi Balin ini kami berharap apa yang sudah dicapai akan bisa ditingkatkan tentu dengan semangat dari semua unsur yang ada.
 
 
Sementara itu I Made Widi Dharma Selaku Irban Wil 4 Provinsi Bali. Menyampaikan kegiatan ini adalah bertujuan untuk melakukan pemetaan bagaimana proses dari sebuah perencanaan kinerja, Pengukuran Kinerja, Evaluasi Kinerja, Capaian Kinerja, dan Pelaporan Kinerja dari masing masing OPD yang terangkum dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) dengan kategori penilaian atau capaian adalah nila AA adalah sangat Memuaskan, A Memuaskan, BB Sangat baik, B Baik, CC Cukup, C Kurang dan D Sangat Kurang. 
 
 
Lanjut untuk Kabupaten Bangli sendiri saat ini sudah ada pada posisi nilai B (Baik) dan masih ada hal hal yang perlu diperbaiki sehingga harapan ke depan bisa ditingkatkan menjadi BB bahkan A. indicator yang perlu menjadi perhatian adalah dari hasil Verivikasi Tim Menpan & RB diantaranya masih adanya ketidak jelasan hasil yang akan dicapai (tujuan /sasaran tidak berorientasi hasil), masih adanya ketidakselarasan antara IKU dengan RPJMD, Restra, RKPD, Renja/RKT, PK, RKA/DPA. Masih banyak indikator kinerja yang belum berorientasi hasil (Out Came), Ukuran kinerja yang kurang jelas dan lainnya. 
 
Oleh karena itu evaluasi ini sangat penting untuk dilakukan sehingga ada satu persepsi untuk dapat mencapai hasil yang maksimal. Lanjut hal penting yang harus dicermati adalah apakah IKU sudah dijadikan acuan dalam pembuatan RPJMD,RKPD, Renstra/RKT, PK dan RKA/DPA..? apakah Indikator sudah memenuhi unsur SMART…? Apakah sudah dilakuka system pengintegrasian antara perencanaan dengan penganggaran dan apakah monev telah dilakukan secara berkala untuk memetigasi risiko ketidak tercapaian kinerja…? “Hal-hal itu lah yang menjadi evaluasi pada saat ini sehingga kedepan SAKIP di kabupaten Bangli bisa lebih maksimal dengan peningkatan nilai dari B menjadi BB bahkan A” terang Made Widi Dharma. (BB)