Tiga Desa Bertarung, 2 Petahana Menang, 1 Keok di Tangan Mantan Babinsa

  23 Mei 2021 POLITIK Jembrana

Ket Poto, proses pemungutan suara di Desa Nusasari

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com Jembrana - Perhelatan pemilihan kepala desa di Kabupaten Jembrana meibatkan 3 desa yang bertarung, diantaranya Desa Gumbrih, Dangintukadaya dan Desa Nusasari, ketiga desa tersebut dimana petahana ikut bertarung. Sabtu (22/05)

Dari pantauan awak media dilapangan, terlihat petahana yang ikut bertarung hanya 2 desa yang menang diantaranya Desa Dangintukadaya dan Desa Nusasari petahana melibas pesaingnya.

Akan tetapi di Desa Gumbrih Petahana dikalahkan oleh pensiunan TNI yang juga  mantan Babinsa Desa Gumbrih dengan prolehan suara calon petahana No.1 I Gede Wiratha Ardiya mendapat suara sasebanyak 779 suara dan lawannya seorang mantan Babinsa calon No.2 I Nyoman Adi Rodiasi mendapat suara 1.041 suara.

Dari 7 TPS yang terdapat di Desa Gumbrih di TPS 6 petahana keok dengan hanya medapatkan suara 68 suara sedangkan lawannya seoarang mantan babinsa memperoleh suara sebanyak 218 suara serta di TPS 7 petahana dapat suara 56 sedangkan lawannya mendapatkan 216 suara.

Petahana unggul telak hanya 3 TPS sementara lawannya yang merupakan  mantan Babinsa unggul telak di 4 TPS. Ini merupakan pertarungan head to head dimana petahana keok di tangan mantan Babinsa.

Sementara Desa Dangintukadaya petahana menang telak. Calon yang maju sebanyak 4 orang diantaranya calon nomer urut 2 merupakan petahana I Gusti Putu Murdi berhasil mengungguli dengan kemenangan telak ketiga pesaingannya dengan perolehan suara 1783 suara dari 3320 suara masyarakat yang hadir.

Untuk calon Kepala Desa nomor urut 1 I Wayan Utama mendapatkan suara sebanyak 718 suara, Calon No.2 petahana I Gusti Putu Murdi mendapatkan suara sebanyak 1783 suara, calon No.3 I Made Arsana mendapatkan suara sebanyak 483 suara sedangkan calon No.4 I Made Desi Arianto hanya mendapatkan suara sebanyak 336 suara.

Kekalahan petahana hanya di TPS 3 Balai Tempek Bloncit dengan suara 63 dari 293 suara yang sah yang unggul Calon No 1 mendapatkan suara 195 suara, serta di TPS 6 Balai Tempek Cepaka dengan suara 90 dari 306 suara yang unggul calon No. 3 mendapat 113 suara.

Sedangkan di TPS 1 Balai Banjar Dangintukadaya calon No. 1 mengungguli petahana dengan suara 149, petahana dapat 116 suara, serta di TPS 2 SD Negeri 1 Dangintukadaya calon No. 1 unggul 144 suara dan petahana dapat 130 suara. Sisanya sebanyak 7 TPS petahana unggul telak.

Sementara di Desa Nusasari calonnya hanya 2 orang, calon No.1 merupakan petahana I Wayan Ardana sedangkan calon No.2 I Ketut Sudarsa. Disini petahana melibas pesaingnya dengan prolehan suara sebanyak 1.485 suara dengan jumlah pemilih sebanyak 2.933 orang, sedangkan calon No.2 I Ketut Sudiarsa mendapatkan suara sebanyak 945 suara.

Di Desa Nusasari terdapat 9 TPS, dimana ke sembilan TPS tersebut hanya 1 TPS pesaing petahana unggul itu pun unggul tipis di TPS 1 Kantor Desa Nusasari, petahana mendapat suara sebanyak 136 suara sedangkan calon No.2 mendapatkan suara sebanyak 138 suara, dan sisanya ke 8 TPS petahana menang telak.

Ucapan terima kasih dilontarkan oleh Petahana Desa Dangintukadaya I Gusti Putu Murdi via Whatsapp mengatakan, terima kasih atas kepercayaan masyarakat kami, yang masih mempercayakan dirinya sebagai kepala desa lagi, tentunya program apa yang akan dibuat maupun yang sudah diprogramkan akan terus dilanjutkan. Minggu (23/05)

Hal senada juga diucapkan oleh Kepala Desa Nusasari I Wayan Ardana dirinya juga mengucapkan terima kasih masyarakat Desa Nusasari masih mempercayai dirinya. Dirinya juga telah menyiapkan program besar yang sudah di programkan sebelum pemilihan ini dan akan dilanjutkan. (BB)