Tempat Relokasi PUN Sudah Siap Ditempati Pedangang Setelah Galungan

  03 Agustus 2023 PERISTIWA Jembrana

Ket poto : Tempat relokasi pedagang Pasar Umum Negara di Areal Parkir Pemkab Jembrana

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Revotalisasi pasar Umum Negara dipastikan segera di Kerjakan, selain itu, dari informasi pada hari Selasa (8/8/2023) pemenang tender sudah diapastikan juga ada. Sesuai direncanakan, relokasi pedagang Pasar Umum Negara yang mengambil 2 tempat yakni di Pasar Ijogading dan di Areal Parkiran Pemkab Jembrana akan dilakukan setelah usai hari raya Galungan.

Sebelumnya Pasar Umum Negara akan direvitalisasi menjadi dua lantai. Revitalisasi menggunakan dana APBN sebanyak Rp 142 miliar. Para pedagang bersedia menerima relokasi dengan syarat ukuran lapak sama dengan ukuran sebelumnya, dan pedagang lama diprioritaskan berjualan di lantai satu. 

Pantauan awak media, terlihat Pembangunan lapal kios di Areal Parkiran Pemkab Jembrana untuk di sebelah utara kantor sudah hampir rampung. Sedangkan di di timur kantor bupati terlihat lapak kios yang terbuat dari besi masih terlihat belum ada pengerjaan. Sementara di Pasar Ijo Gading sudah mulai dibersihkan, sudah siap ditempati pedagang. Sejumlah pedagang mulai melakukan persiapan dengan memperbaiki kios yang akan ditempati.

Salah satu pedagang kue yang sering dipanggil Bu Jro merasa enggan untuk pindah dan meninggalkan pasar. "Ya kami nurut saja apa kata pemerintah. Ya pindah sementara, ya pindah. Karena memang pasar harus diperbaiki karena kondisinya seperti ini. Menurut informasi usai hari raya Galungan kami mulai pindah. Saya dapat di pasar Ijogading. Di areal parkir pemkab bisa juga. Tapi pedagang kue diminta si Ijogading," ucapnya. Kamis (3/8/2023).

Sementara Bupati Jembrana I Nengah Tamba beberapa waktu lalu sudah memastikan kalau tempat relokasi sudah siap. "Saya kira penataan kiosnya sudah bagus, terutama kios pedagang makanan siap saji serta buah buahan, tempatnya strategis dan bisa dimanfaatkan 24 Jam," Tamba.

Dirinya meminta dengan hormat kepada seluruh pedagang yang ada di pasar negara bersiap siap. "Pemerintah sudah menyediakan tempat relokasi yang sekiranya bisa cukup memadai dan strategis sebagai relokasi pasar," katanya.

Menurut Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Jembrana, I Komang Agus Adinata, sesuai dengan tahapan revitalisasi pasar, relokasi dilakukan setelah hari raya. Menurutnya Relokasi akan dilakukan bertahap hingga Minggu (6/8). “Seluruh tempat relokasi sudah siap digunakan. Hanya tinggal ditempati para pedagang saja,” terangnya. (BB)