Tarikan Tali Wawali Arya Wibawa Buka Festival Layangan Bali ke-2 Tahun 2023

  23 Juli 2023 HIBURAN Denpasar

Baliberkarya (Dok Humas)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar, Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa secara resmi membuka Festival Layang-layangan Bali ke 2 tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Komunitas Seni Layangan Bali di Pantai Padang Galak, Kesiman, Denpasar, Minggu (23/7).
Festival Layang- Layangan Bali yang menjadi daya tarik wisatawan asing ini bertema "Bayu Segara Kerthi yang berarti memuliakan laut dan angin”.

Dimana kegiatan diikuti oleh sebanyak 1.042 peserta serta berlangsung selama dua hari dari Sabtu kemarin 22 Juli dan terakhir Minggu 23 Juli 2023. Pada kesempatan ini Wawali Arya Wibawa terlihat ikut berbaur menarik tali layangan dengan peserta lomba yang kompak menggunakan busana adat Bali serta diringi oleh alunan gambelan, hingga tembang Bali berupa cecondongan yang berkaitan dengan Dewa Bayu ditengah terik matahari.

Wawali Arya Wibawa menyambut baik dan mengapresiasi pelaksanaan perlombaan layang-layang yang dilaksnakan Komunitas Seni Layangan Bali. Disamping memberikan ruang kreativitas bagi para Rare Angon atau penghobi layang-layang, kegiatan ini juga dapat meningkatkan rasa toleransi dan kekompakan dalam menaikan layang-layang. 

"Seperti pada lomba ini para peserta remaja dan dewasa memiliki tehnik permainan layang-layang yang sangat baik, terlihat dalam menaikan layangan secara bersamaan tidak terjadi saling senggol antara layangan satu dengan lainnya,'' ujar Arya Wibawa, sembari mengucapkan selamat berlomba bagi para peserta layang-layang.

Sementara Ketua Panitia, Putu Chris Budhi Setiyawan ditemui disela-sela acara mengatakan Festival Layangan Bali kali ini merupakan yang kedua kalinya. "Festival Layangan Bali Tahun 2023 ini mengambil tema Bayu Segara Kerthi yang berarti memuliakan laut dan angin. Dilombakan berbagai jenis layangan seperti Pecukan, Bebean, Janggan, Janggan Buntut dan Kreasi," jelasnya.

Di hari pertama, lomba diikuti 318 peserta. Sementara di hari kedua ini diikuti oleh 724 peserta. Ditambah 93 peserta lomba Pindekan. Dalam pelaksanaan Festival Layangan Bali 2 tahun 2023 ini para peserta diharuskan menerbangkan layangan dengan berpakaian adat. (Rls/BB)