Tak Ada Yang Mengakui, Akhirnya Mr X Dimakamkan Difasilitasi Dinsos Jembrana

  06 Desember 2023 PERISTIWA Jembrana

Ket poto : Jenazah Mr X setelah dimakamkan langsung di doakan

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Berbagai upaya dilakukan pihak Polres Jembrana agar jenazah yang ditemukan di pesisir pantai Gilimanuk, Jembrana segera diambil oleh pihak keluarganya, akan tetapi hingga hari yang telah ditentukan tidak ada mayarakat yang mengaku kehilangan.

Pihak Polres Jembrana juga telah menyebarkan ciri-ciri jenazah tersebut ke seluruh polres se Bali maupun luar Bali, akan tetapi tidak ada masyarakat yang melaporkan kehilangan. Dengan batas waktu yang ditentukan berakhir. Mr X dimakamkan di Kuburan Umum (Kuburan Jawa) Lingkungan Terusan, Kelurahan Loloan Barat, kecamatan Negara, difasilitasi oleh Dinas Sosial Kabupaten Jembrana

Saat dikonfirmasi, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Ni Made Arining mengatakan mengatakan pihaknya menindaklanjuti surat dari kepolisian terkait kondisi Mr X. Akhirnya pihaknya berkoordinasi dengan kifayah untuk penguburan. "Jadi kami sepakati Mr X di kubur di kuburan Loloan Barat dan biayanya dari Dinas Sosial," jelasnya. Rabu (6/12/2023)

Sementara, Kasat Reskrim AKP Agus Riwayanto Diputra mengatakan pihaknya sudah berupaya untuk menyebarkan ciri-ciri korban dan berharap ada pihak keluarga yang mengenali. Namun hingga dikuburkan belum ada pihak keluarga yang mengenali. "Jadi dengan alasan kemanusiaan kami kuburkan. Karena jenasah sudah dua minggu di kamar jenasah RSU Negara," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, mayat Mr X ditemukan di pesisir pantai Gilimanuk, tepatnya di belakang Kuburan Lingkungan Arum Barat, Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Sabtu (18/11/2023) sore.

Mayat Mr X ditemukan pertama kali oleh saksi Nurhalimin warga Gilimanuk yang saat itu berolah raga di pinggir pantai. Begitu melihat mayat di pinggir pantai, karena takut lalu dia memanggil saksi Kasiyanto yang saat itu sedang duduk di depan rumahnya untuk bersama-sama melihat mayat. Setelah memastikan bahwa itu benar mayat, selanjutnya melaporkan ke pihak Kepolisian untuk penanganan selanjutnya.

Dari hasil pemeriksaan mayat tersebut berjenis kelamin laki-laki, memakai kain celana warna biru tidak utuh, celana dalam warna biru dongker dengan karet warna merah bertulis "SPORT". Rantai kalung berwarna silver tanpa liontin panjang 40 sentimeter.

Panjang jenazah 160-170 sentimeter. Terjadi tanda pembusukan diseluruh tubuh. Jenazah tidak utuh dimana kedua telapak tangan hilang. Telapak kaki kiri hilang. Kepala tampak tulang tengkorak. Gigi geligi tidak lengkap, dan perut sebelah kanan tampak organ hati dan usus terurai sudah mengalami pembusukan. Tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan pada jenasah tersebut. (BB)