SMSI Bali Siapkan Program Kerja Strategis 2024

  27 Januari 2024 PERISTIWA Denpasar

Ket poto: penyerahan mandat dari Ketua SMSI Provinsi Bali, Emanuel Dewata Oja kepada pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Badung, Jembrana, Buleleng, Karangasem dan Kota Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar,  Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Bali menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) di Zodiac Coffee & Eatery, Denpasar, Sabtu (27/1/2024). Rapat tersebut dihadiri oleh seluruh pengurus SMSI Bali, Dewan Penasihat, dan perwakilan media siber di Bali.

Dalam rapat tersebut, dilakukan penyerahan mandat dari Ketua SMSI Provinsi Bali, Emanuel Dewata Oja, kepada pengurus SMSI Kabupaten Badung, Jembrana, Buleleng, Karangsem, dan Kota Denpasar.

Selain itu, masing-masing wakil ketua SMSI Bali menyampaikan program kerja mereka untuk tahun 2024. Wakil Ketua Bidang Advokasi Christovao menyampaikan bahwa program kerjanya meliputi penyusunan mekanisme advokasi, kerja sama dengan advokat/konsultan hukum, dan pendampingan hukum.

Wakil Ketua Bidang Kesra Nyoman Sunaya menyampaikan bahwa pihaknya akan melaksanakan dua program, yaitu kegiatan eksternal dan internal. Untuk kegiatan internal, SMSI akan mengagendakan terkait cuan/pemasukan dan kerja sama antarlembaga.

"Untuk kegiatan eksternal, SMSI akan membantu masyarakat dengan melakukan kegiatan bakti sosial, pemberian sembako yang akan bekerjasama antar lembaga. Selain itu, SMSI juga akan melaksanakan program inisiatif bekerja sama dengan pemerintah daerah, badan usaha milik negara, dan lembaga lainnya," terangnya.  Sabtu (27/1/2024).

Wakil Ketua Bidang Pengembangan Usaha Komang Adi menyampaikan bahwa program kerjanya akan menyusun paket-paket usaha, seperti periklanan dan pemberitaan dengan klien. "Hal ini bertujuan untuk meningkatkan nilai jual dan pelatihan serta menangkap peluang usaha ke depan," jelasnya.

Wakil Ketua Bidang Litbang dan SDM Gede Sumida menyampaikan bahwa program kerjanya adalah peningkatan kredibilitas SDM melalui pelatihan web dan sinergi dengan media sosial. "Hal ini bertujuan untuk membantu teman-teman untuk keluhan penanganan web dan juga untuk meningkatkan rank yang disinergikan ke media sosial," ucapnya.

Wakil Ketua Bidang OKK Apollo Naris Dalton menyampaikan bahwa program kerjanya lebih menekankan pada pelatihan jurnalistik, seperti diskusi bulanan dengan mitra kerja, pelatihan menulis, menyunting berita, dan membuat foto. SMSI juga akan bekerjasama dengan bidang advokasi dan pendidikan.

Dewan Penasehat SMSI Bali Djoko Mueljono mengusulkan pentingnya SMSI bisa menggelar UKW dan menghadirkan penguji-penguji. Usulan tersebut langsung ditanggapi oleh Ketua SMSI Bali Emanuel Dewata Oja yang juga salah satu tim penguji UKW Dewan Pers.

Emanuel Dewata Oja mengatakan bahwa usulan tersebut merupakan rencana kerja ke depan. Selain itu, ia juga menerima usulan dari salah satu anggota yang mengusulkan dibentuknya koperasi untuk anggota SMSI.

Dalam penutupan rapat, Emanuel Dewata Oja mengingatkan pentingnya menjalankan organisasi dengan benar dan menjaga kekompakan. Keputusan teknis terkait kerja sama dengan lembaga akan dirumuskan dalam rapat berikutnya. (BB)