"Sing Main-Main" Koperasi SGK Bali Bantu 'Pahlawan Devisa' Rp 360 Juta Kerja ke Luar Negeri

  12 September 2023 EKONOMI Denpasar

Foto: Penyerahan secara simbolis kredit pembiayaan kerja ke luar negeri dari Koperasi Jasa Swadarma Guna Karya (SGK) kepada 12 orang penerima ini dilakukan di kantor Koperasi Jasa Swadarma Guna Karya Bali yakni di Jl. Gatot Subroto Timur 10 D Denpasar.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Koperasi Jasa Swadarma Guna Karya (SGK) Bali yang dibentuk Partai Golkar Bali "Sing Main-main" (tidak main-main, red) terbukti sukses menyalurkan bantuan kredit pembiayaan perdana kepada 12 orang generasi muda Bali dari berbagai daerah di Pulau Dewata yang siap berangkat kerja luar baik di darat maupun ke kapal pesiar. Ini membuktikan, Partai Golkar Bali menjadi satu-satunya partai politik yang mempunyai koperasi dan telah berhasil membantu memberikan bantuan dana pembiayaan untuk mewujudkan mimpi generasi muda Bali bekerja ke luar negeri seperti ke kapal pesiar.

Penyerahan secara simbolis kredit pembiayaan kepada 12 orang penerima ini dilakukan pada Selasa 12 September 2023 di kantor Koperasi Jasa Swadarma Guna Karya Bali yakni di Jl. Gatot Subroto Timur 10 D Denpasar. Penyerahan ini dihadiri langsung Ketua DPD Partai Golkar Bali Dr. Nyoman Sugawa Korry bersama Sekretaris Dr. Made Dauh Wijana dan jajaran pengurus, Ketua Koperasi Jasa Swadharma Guna Karya (SGK) Bali Dr. Nyoman Diana, CEO & Founder International Career Center Antoni Sukmajaya selaku partner koperasi dan para partner lainnya serta stakeholder terkait.

Penyerahan bantuan kredit pembiayaan ini juga dirangkaikan dengan pembekalan motivasi oleh Sugawa Korry kepada para calon PMI (Pekerja Migran Indonesia) yang mengikuti final interview maupun yang sudah siap berangkat kerja ke luar ini. Dalam sesi motivasi, Sugawa Korry mengapresiasi dan memuji para calon PMI ini sebagai generasi muda yang berani dan mandiri.

Pujian pertama Sugawa Korry yang juga dikenal Wakil Ketua DPRD Bali ini yaitu mereka telah berani mengatasi masalah diri sendiri, masalah tenaga kerja. Kedua, mampu membantu menyelesaikan persoalan di masyarakat dan pemerintah yakni mengatasi pengangguran. Serta yang ketiga dengan keberanian dan kemandirian ini telah menyumbangkan hal yang sangat berarti untuk bangsa dan negara ini.

"Yaitu menyumbangkan devisa pada saatnya nanti. Maka sangat layak saudara-saudara adalah pahlawan devisa dari Provinsi Bali,” ucap Sugawa Korry penuh semangat.

Doktor lulusan Universitas Brawijaya Malang Jawa Timur ini menilai keputusan para generasi muda untuk bekerja di luar negeri adalah keputusan tepat dan perlu sangat didukung. Untuk itu, Golkar Bali selalu melakukan langkah-langkah yang membantu mengatasi persoalan yang dihadapi daerah seperti persoalan pengangguran, dan masalah kesempatan kerja. 

Partai Golkar, lanjut Sugawa Korry sejak dulu telah memikirkan solusinya dan salah satunya adalah pada hari ini melalui Koperasi Jasa Swadharma Guna Karya (SGK) Bali yang telah memberikan bantuan kredit untuk yang siap berangkat berjuang menjadi tulang punggung keluarga dan merubah nasibnya merantau di luar negeri. Baginya, hal ini adalah salah satu langkah untuk support kepada generasi muda Bali yang ingin bekerja ke luar negeri. 

"Semoga tetap semangat dan yakin apa yang diputuskan suatu yang luar biasa sangat bermanfaat untuk diri sendiri, keluarga, masyarakat, daerah, bangsa dan negara. Bulan November ini adalah permintaan kebutuhan 1500 dalam berbagai posisi. Ini adalah peluang yang luar biasa bagi kita semua. Sampaikan kepada masyarakat tentang hal ini dan kita siap membackupnya,” terang Sugawa Korry.

Sugawa Korry yang pada Pileg 2024 maju tarung ke DPR RI Dapil Bali dari Partai Golkar menegaskan bahwa para generasi muda yang ingin bekerja ke luar negeri ini tidak cukup hanya di didik dan ikut testing tapi masalah selanjutnya adalah pembiayaan untuk keberangkatan. Karena itulah Golkar beserta seluruh kader dan masyarakat membentuk Koperasi Jasa Swadharma Guna Karya (SGK) Bali yang salah satu layanannya membantu pembiayaan kredit keberangkatan bagi calon PMI yang ingin kerja ke luar negeri seperti ke kapal pesiar. 

"Hari ini yang pertama dan program ini terealisasi berkat kerja sama dengan berbagai pihak salah satunya CTI Asia sebagai perusahaan agen penempatan tenaga kerja ke luar negeri. Koperasi ini tidak lanjut kerja sama dengan berbagai perusahaan salah satunya CTI Asia yang ownernya kebetulan salah satu kader Golkar.  Tentu program ini akan berlanjut lagi. Apalagi di November ini ada permintaan 1500 tenaga kerja untuk kapal pesiar dari Carnival Cruise Line,” jelas Sugawa Korry yang pada Pileg 2024 maju tarung ke DPR RI Dapil Bali dari Partai Golkar.

Politisi senior asal Banyuatis Buleleng ini menyebut Koperasi Jasa Swadarma Guna Karya (SGK) Bali diprakarsai Golkar Bali bersama warga masyarakat dan gerakan koperasi dan terbentuk pada tanggal 7 April 2023. Koperasi ini sudah terbentuk lengkap badan hukum dan realisasi pembiayaan kepada calon PMI seperti pekerja kapal pesiar. 

"Koperasi ini telah memberi manfaat yang besar dalam rangka membantu masyarakat memperoleh kesempatan kerja yang baik. Kalau sekarang anggotanya sudah lebih dari 100 anggota, nanti akan terus berkembang. Terima kasih kepada seluruh stakeholder. Langkah ini adalah langkah awal yang akan diikuti dengan langkah selanjutnya yang lebih maju lagi,” kata Sugawa Korry mengakhiri.

Sementara, Ketua Koperasi Jasa Swadharma Guna Karya (SGK) Bali Dr. Nyoman Diana mengaku pihaknya bersyukur hari ini bisa melakukan penyerahan bantuan dana kepada calon PMI yang akan berangkat kerja ke kapal pesiar dan darat. Melalui bantuan kredit pembiayaan kerja ke luar negeri ini, per orang penerima dibantu pembiayaan sebesar Rp 30 juta dan hari ini total diserahkan bantuan pembiayaan secara simbolis kepada 12 orang penerima sehingga total pembiayaan yang disalurkan adalah Rp 360 juta. 

“Semoga apa yang kami lakukan dapat meringankan beban masyarakat Bali,” katanya.

Bantuan pembiayaan atau kredit biaya kerja ke luar negeri ini diberikan dengan jangka waktu atau tenor selama 12 bulan yang pengembaliannya dicicil setiap bulan dengan tingkat suku bunga sangat rendah hanya 1 persen per bulan. Pembayaran cicilan dilakukan setelah penerima dana ini mendapatkan gaji pertama di tempat mereka bekerja di luar negeri baik di darat maupun di kapal pesiar.

“Penerimanya memang kami prioritaskan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu dan juga bagi calon tenaga kerja yang memerlukan tambahan pembiayaan untuk kerja ke luar negeri,” jelas Diana.

Dalam kesempatan yang sama, CEO & Founder International Career Center Antoni Sukmajaya selaku partner Koperasi Jasa Swadharma Guna Karya (SGK) Bali mengungkapkan para generasi muda yang siap berangkat kerja ke luar negeri ini tidak hanya bertalenta dan punya skill mumpuni siap bersaing tapi juga punya mental kuat dan tetap memegang teguh kearifan lokal Bali. “Kita memberi bukti bukan seribu janji. Tetap semangat berdoa yang terbaik ikuti aturan niscaya bisa berhasil dengan baik,” pungkasnya.(BB).