Sidang WPFSD ke-3 di Bali

Sidang Akhir Forum Parlemen Dunia di Kuta Hasilkan 'Bali Roadmap' Tekankan 3 Hal Ini

  05 September 2019 SOSIAL & BUDAYA Badung

Tim Fotografer DPR RI

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya-Badung. World Parliamentary Forum on Sustainable Development (WPFSD) di Hotel Patra Jasa Kuta diakhiri dengan diadopsinya kesepakatan bersama yang dinisiasi oleh DPR RI yakni Bali Roadmap melalui sidang yang dipimpin oleh Dr. Nurhayati Ali Assegaf selaku ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen dan ketua WPFSD. 
 
 
Bali Roadmap merupakan perwujudan kebutuhan akan komitmen serta political will yang kuat dan petunjuk untuk membangun langkah konkret dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) untuk saat ini dan bagi generasi di masa yang akan datang. 
 
Dalam dokumen ini menekankan pentingnya yakni pertama pemenuhan hak-hak kebutuhan dasar manusia tanpa tekecuali meliputi aspek kesehatan, pendidikan, perumahan yang layak, dan akses terhadap air bersih dan sanitasi. 
 
Hal kedua, mendorong lokalisasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dengan mempertimbangkan konteks budaya dan kearifan lokal setempat. Ketiga, mendorong kemitraan berbagai pihak terutama pelaku usaha untuk menjawab tantangan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan seperti penyediaan akses pelayanan keuangan yang terbuka bagi semua pihak.
 
 
 
Pada sesi pembacaan National Statement, DPR RI yang diwakili oleh Wakil ketua DPR, Dr. Fadli Zon kembali menyuarakan bahwa ketimpangan yang ekstrem menjadi penghambat utama dalam pembangunan sekaligus mengancam penegakan Hak-Hak Asasi Manusia (HAM). 
 
Selain itu, Dr. Fadli Zon juga menekankan pentingnya parlemen untuk melakukan autokritik pada data-data pembangunan  dari pemerintah masing-masing negara sebagai bentuk mekanisme check and balance sekaligus memastikan implementasi Tujuan Pembanguna Berkelanjutan berjalan dengan baik. 
 
Selain itu pada kesempatan ini, Presiden Inter-Parliamentary Union (IPU) menyampaikan apresiasi terhadap Indonesia terutama pelaksanaan WPFSD sebagai upaya nyata dalam mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.(BB).