Siap Amankan Pilkada Bali, Mantap! Puluhan Ribu Pecalang Dikerahkan

  23 Mei 2018 PERISTIWA Denpasar

Humas Polda Bali

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Jaga keamanan Pilkada Serentak 2018 pihak Polda Bali gandeng ribuan pecalang (keamanan desa adat di Bali), Rabu (23/5/2018). 
 
Hal ini ditunjukkan dengan dideklarasikannya para pecalang dan Bhabinkamtibmas se-Bali tersebut di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar.
 
 
Kapolda Bali, Irjen Pol Reinhad Petrus Golose mengatakan, pihaknya adalah leading sektor dalam mengamankan Pilkada Bali namun menurutnya pekerjaan itu tidak bisa dilakukan sendiri.
 
 
“Kita tidak bisa sendiri,  tujuannya Pilkada Bali ini aman bisa dilaksanakan dengan baik.  Sampai  saat ini tidak ada hal-hal yang menonjol terjadi,” jelasnya, Rabu (23/5).
 
Dia menjelaskan, bahwa  masyarakat Bali  sudah mengikuti  proses-proses  Pilkada kemudian  yang paling penting menyikapi situasi dan kejadian-kejadian ditempat lain.
 
“Saya rasa juga perlu menyiagakan masyarakat  bersama-sama petugas keamanan ketertiban dari kami polisi dan didukung stakeholder baik TNI dan pemerintah,” ujarnya.
 
 
 
Menurutnya, Bali rentan resiko gangguan kamtibmas. “Sehingga kami sadar bahwa kami tidak bisa sendiri sehingga perlu dukungan rakyat  sehingga ada pecalang.  Pecalang ada disetiap desa, sesuai dengan UU mereka mengamankan swakarsa kalau bahasa kami itu comunity polisi,”  paparnya.
 
Menurutnya ditempat  lain baru mau ada (pecalang) tapi di Bali sudah terstruktur dan dibawa MUDP. 
 
“ Ini suatu kemampuan keniscayaan yang dipunyai oleh pulau Bali.  Ini apel deklarasi ini dengan tujuan untuk melindungi Bali,” terangnya,
 
Sementara itu  Ketua Majelis Utama Desa Pakraman (MUDP) Provinsi Bali, Jero Gede Suwena Putus Upadesa mengatakan,dari awal sudah berkoordinasi  dengan Polda Bali. Dan Polri tidak hanya sekedar kata-kata untuk berkolaborasi dengan pecalang. 
 
 
“Di Bali ada keamanan tradisional  yang  disebut  dengan Pecalang sehingga bisa dikolaborasikan pengamanan Pilkada Bali,” jelasnya.
 
 
Dia menerangkan, bahwa se-Bali ada 45 ribu pecalang yang tersebar diseluruh desa adat pakraman se-pulau Dewata.
 
“Kami ada pecalang 45 ribu orang, mereka akan mengamankan Pilkada Bali, dan pemilu,” ujarnya.
 
Pihaknya mengaku berterimakasih karena para pecalang telah dilibatkan untuk mengamankan Pilkada untuk menjaga keamanan Bali secara damai.(BB)