Sekda Budiasa Pantau Kesiapan Sejumlah TPS

  13 Februari 2024 EKONOMI Jembrana

Baliberkarya (Dok Humas)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com Jembrana - Sehari menjelang pemungutan suara, Sekretaris Daerah kabupaten Jembrana I Made Budiasa bersama KPU, Bawaslu dan perwakilan Forkopimda Jembrana melaksanakan pemantauan ke sejumlah TPS yang ada di kecamatan Negara dan Jembrana, Selasa (13/2).

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Jembrana telah mendistribusikan sebanyak 4.490 kotak suara beserta 248.998 surat suara ke 898 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di seluruh kabupaten Jembrana.

Pemantauan dimulai dari TPS 6 dan 7 Baler Bale Agung, Kecamatan Negara, dilanjutkan ke TPS 22 Dauhwaru dan TPS 3 Budeng Kecamatan Jembrana, lanjut ke TPS 11 dan 27 Lelateng, terakhir TPS 3 Desa Baluk, Kecamatan Negara.

Sejumlah fasilitas sangat diperhatikan agar sesuai dengan ketentuan sehingga memudahkan baik untuk pemilih maupun penyelenggara untuk melaksanakan pemungutan suara.

Sekda Budiasa menuturkan pemantauan dilaksanakan untuk memastikan kelancaran dan keamanan pemungutan suara di masing-masing TPS.

"Hari ini saya bersama KPU, Bawaslu, dan jajaran Forkopimda mengunjungi 5 lokasi, saya rasa sudah siap hanya ada beberapa penataan TPS yang perlu diperbaiki sesuai dengan ketentuan. Antara lain bagaimana posisi ketua KPPS maupun penempatan saksi sehingga sesuai dengan aturan agar bisa mengawasi semua proses pemungutan suara," ucapnya.

Pihaknya menegaskan kepada KPPS agar dapat menjaga keamanan surat suara agar tidak menimbulkan kemungkinan adanya kecurangan dalam pemungutan suara. "Untuk penempatan kotak dan suara agar bisa diamankan sehingga besok saat memulai pemungutan suara sudah tidak ada kendala lagi," tegas Budiasa.

Sementara ketua KPU Jembrana, I Ketut Adi Sanjaya mengatakan selain melihat kesiapan TPS, pemantauan juga bertujuan memastikan logistik Pemilu sudah terdistribusi. "Hari ini kami memantau kesiapan TPS dan juga distribusi logistik ke TPS masing-masing, dari pantauan kami tadi memang sudah ada yang di TPS dan ada yang dititik Desa," ungkapnya.

Lebih lanjut, Adi Sanjaya menyampaikan masih ada sejumlah perbaikan dalam penataan denah TPS agar sesuai dengan aturan yang ditetapkan. "Ada perbaikan dalam denah lokasi TPS, sepertinya teman-teman masih agak bingung antara lokasi pemungutan dan penghitungan, tadi sudah kita perbaiki sesuai dengan PKPU," pungkasnya. (Rls/BB)