Sebanyak 150.000 Jenis Ikan Nila di Tebar Diperairan Umum Danau Batur

  26 Agustus 2023 SOSIAL & BUDAYA Bangli

Baliberkarya (Dok Humas)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Bangli. Bupati Sang Nyoman Sedana Arta hadiri acara penebaran benih ikan dan dirangkaikan dengan penuangan Eco Enzim ke V. Jumat 25/08/2023. Acara tersebut juga dihadiri Pengamat Lingkungan Hidup, Dr. Alexander Sony Keraf, Dandim 1626 Bangli, Letkol Kav I Ketut Artha Negara,Anggota DPR RI I Nyoman Parta,Pimpinan OPD di Lingkungan Pemkab.Bangli, Para Asisten, Staf Ahli Bupati serta pihak terkait lainnya.

Kepala Dinas PKP Kabupaten Bangli I Wayan Sarma dalam laporannya  menyebutkan, tujuan dari penebaran benih ikan tersebut merupakan salah satu upaya untuk mengembalikkan keseimbangan ekosistem perairan umum.

Pihaknya berharap, dengan dilakukannya kegiatan tersebut, selain nantinya akan terjadi keseimbangan ekosistem perairan. Diharapkan juga, daerah perairan bisa menjadi lebih produktif. “Dengan tujuan mengembalikan populasi ikan diperairan umum serta untuk membantu pemenuhan gizi masyarakat yang bersumber dari bahan asal ikan,” katanya.

Perairan umum ini merupakan salah satu sumberdaya perairan yang potensial untuk lebih dikembangkan dalam memenuhi kebutuhan pangan bagi manusia, khususnya kebutuhan protein hewani dari ikan, namun semakin berkembangnya teknologi dan keterampilan masyarakat, maka perairan umum telah di manfaatkan untuk kegiatan usaha budidaya perikanan secara intensif. Dan jumlah ikan yang ditebarkan sebanyak 150.000 ikan jenis nila

Sedangkan total penebaran tahun ini sebanyak 210.250 ekor Jenis ikan nila dari produksi UPTD BBI Dinas PKP. Sementara disisi lain kegiatan ini juga merupakan program rutin Dinas PKP untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta dalam sambutannya menyampaikan Danau Batur berfungsi sebagai sumber air untuk beberapa kabupaten dan kota di Bali dan juga pendukung daya tarik pariwisata Kintamani untuk itu  kelestarian dan keindahannya harus dijaga Budi daya ikan di Danau Batur ini sudah menjadi salah satu mata pencaharian masyarakat sekitar, yang diproduksi dalam bentuk keramba jaring apung.

"Seperti yang kita ketahui makanan ikan ini juga memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Dan hari ini kami dari Pemerintah Kabupaten Bangli bersama pihak terkait kembali menuangkan eco enzim di Perairan Danau Batur, Kintamani, Bangli, dan melaksanakan penebaran benih ikan nila sebagai upaya peningkatan produksi ikan di Kabupaten Bangli. (Rls/BB)