Ruang Wakil Kepala Sekolah SMKN 4 Negara Hangus Terbakar Diduga akibat Dupa

  21 Maret 2024 PERISTIWA Jembrana

Ket poto : tumpukan kertas raport siswa yang terbakar di ruang Wakasek SMKN 4 Negara

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Kebakaran terjadi di Ruang Wakil Kepala Sekolah SMK N. 4 Negara, Banjar Anyarsari, Desa Nusasari, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, pada hari Kamis (21/3/2024) sekitar pukul 10.00 Wita.

Kapolsek Melaya Kompol I Komang Muliyadi mengatakan, kebakaran diduga terjadi akibat dupa yang dinyalakan untuk sembahyang jatuh ke tumpukan kertas di bawahnya.

"Dugaan awal dupa untuk sembahyang yang ada pada Pelangkiran terjatuh pada tumpukan kertas yang ada di bawahnya, sehingga menyulut timbulnya api dan membakar tumpukan kertas dan almari kayu," kata Kompol Muliyadi. 

Menurut keterangan saksi yang merupakan guru bernama Ni Made Sastri Ambarani (41), sebelum kejadian, sekitar pukul 09.00 Wita, dirinya sempat sembahyang di Ruang Wakil Kepala Sekolah dengan menyalakan dupa. Kemudian, ia meninggalkan ruangan untuk sembahyang ke ruangan lain.

“Sekitar pukul 10.00 Wita, temannya melihat asap keluar dari Ruang Wakil Kepala Sekolah dan memberitahukan kepada Sastri Ambarani,” jelasnya.

Mulyadi melanjutkan, Sastri Ambarani kemudian bergegas ke lokasi dan membuka pintu ruangan. Di dalam ruangan, sudah penuh dengan asap dan terlihat api menyala membakar tumpukan kertas di pojok ruangan.

“sebelum Pemadan datang, Sastri Ambarani kemudian mengambil Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dari ruang Laboratorium dan memadamkan api dibantu oleh guru-guru lain. Sekitar 30 menit kemudian, api berhasil dipadamkan oleh Damkar Jembrana,” ujarnya.

Lebih jelasnya Mulyadi mengatakan, akibat kejadian ini, tidak ada korban jiwa. Namun, kerugian material diperkirakan mencapai Rp 2.000.000,- (dua juta rupiah). “Tumpukan kertas raport sebanyak sekitar 40 rim hangus terbakar,” ucapnya. (BB)