Relokasi Pasar Umum Negara Sepi, Beberapa Pedagang Pindah ke Pasar Ijo Gading

  17 Januari 2024 EKONOMI Jembrana

Ket poto : Pasar Ijo Gading

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya - Jembrana, Pasar relokasi Pasar Umum Negara (PUN) di area parkir Pemkab Jembrana, Bali, sepi dari aktivitas. Hal ini menyebabkan sejumlah pedagang memilih untuk pindah ke Pasar Ijo Gading yang berada di dekat lokasi pasar relokasi.

Salah satu pedagang yang pindah ke Pasar Ijo Gading, Bu Ayu, mengatakan bahwa ia terpaksa pindah karena pasar relokasi semakin sepi. "Katanya pegawai akan berbelanja ke pasar relokasi tapi jarang. Dapat pembeli satu saja kami sudah beruntung," ujar Bu Ayu.

Bu Ayu mengatakan bahwa di Pasar Ijo Gading, ia bisa mendapatkan pembeli lebih banyak. "Sejak pindah ke Ijogading setidaknya terkesan ramai dan ada saja yang belanja," imbuhnya.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Jembrana, I Komang Agus Adinata, mengatakan bahwa pihaknya masih melakukan pendataan terkait jumlah pedagang yang masih berjualan di pasar relokasi.

"Setelah kita data, kita berikan kesempatan kepada pedagang lain untuk berjualan di areal relokasi. Tidak hanya pedagang yang ada di Pasar Umum Negara, siapa yang ingin berjualan di sana (tempat relokasi) kita tamung nanginya. Jadi kita tetap akan fungsikan areal relokasi ini," terangnya.

Adinata juga menjelaskan, Pemkab Jembrana akan mengevaluasi keberadaan pasar relokasi. Jika tidak digunakan oleh pedagang Pasar Umum Negara, maka akan dibuka untuk masyarakat lainnya untuk menggunakan. "Dari pada tidak dipakai, kita berikan kesempatan pedagang baru untuk berjualan disana sebagai solusi saat ini," jelasnya. (BB)