Ratusan Mahasiswa Unud Ikuti Pembekalan KKN

  04 Januari 2024 PENDIDIKAN Badung

Ket Foto: Pembekalan umum KKN Unud. Sumber: Unud

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Badung, Universitas Udayana (Unud) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) melaksanakan Pembekalan Umum Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Periode XXVIII Universitas Udayana tahun 2024, bertempat di Gedung Widyasabha Universitas Udayana, Bukit Jimbaran, Badung, Jumat (4/01/2024).

Ketua LPPM Universitas Udayana, Prof. Nyoman Suarsana dalam laporannya menyampaikan bahwa KKN merupakan bagian dari salah satu unsur Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat. KKN merupakan mata kuliah wajib yang harus diambil oleh mahasiswa sebelum menyelesaikan pendidikannya di Universitas Udayana.

KKN juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di lapangan dalam bentuk pemberdayaan masyarakat desa. Pembekalan mahasiswa KKN kali ini diikuti oleh 384 (tiga ratus delapan puluh empat mahasiswa) yang akan ditempatkan di 22 (dua puluh dua) desa yang hanya dipusatkan di Kabupaten Klungkung.

Acara Pembekalan dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Udayana, Prof. Rai Maya Temaja yang dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam acara ini. Pembekalan umum ini sangat penting bagi peserta KKN karena dapat memberi pemahaman tentang bagaimana hidup dan berinteraksi dengan masyarakat desa.

Wakil Rektor berpesan agar para peserta pembekalan umum mengikuti pembekalan umum dengan seksama dan menyimak materi yang diberikan, sehingga menjadi bekal sebelum nantinya akan dilepas untuk mengikuti KKN pada tanggal 17 Januari mendatang dan berada di desa penempatan masing-masing dari tanggal 19 Januari-25 Februari 2024.

Kepada seluruh peserta KKN, Prof. Rai berpesan agar senantiasa menjaga norma-norma yang berlaku selama berada di tempat KKN dan dan menunjukkan diri sebagai mahasiswa Universits Udayana  dengan memberikan yang terbaik di daerah penempatan KKN.

Pembekalan umum KKN ini menghadirkan 3 (tiga) Narasumber diantaranya dari Kapolda Bali yang pada kesempatan kali ini diwaliki oleh Direktur BINMAS Polda Bali, Arsdo Ever P. Simatupang, S.I.K, SH yang menyampaikan materi tentang Sinergi Polri dan mahasiswa dalam membangkitakan jiwa nasionalisme dan pemberdayaan masyarakat dalam mewujudkan Indonesia tertib, I Wayan Suteja selaku Kadis PMD Pengendalian Kependudukan dan KB Kabupaten Klungkung yang menyampaikan materi tentang  Pemberdayaan Masyarakat Desa untuk keberlanjutan Pembangunan, dan dari Satgas Penanganan Kekerasan Seksual (Satgas PPKS) Universitas Udayana, I Gusti agung Ayu Dike Widhiyastuti, yang menyampaikan materi tentang Mitigasi Kekerasan Seksual. (BB/212)

Sumber: unud.ac.id