Kebun Pisang dan Kantin Sekolah juga Porak Poranda

Puting Beliung Terjang Jembrana, Robohkan Rumah dan Dapur

  15 Desember 2018 PERISTIWA Jembrana

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana. Angin puting beliung kembali menerjang kawasan Kabupaten Jembrana, tepatnya di Kecamatan Jembrana, Bali, Jumat (14/12) malam. Peristiwa ini merobohkan rumah dan dapur milik warga serta kantin sekolah. Kebun pisang milik warga juga porak-poranda diterjang angin puting beliung.
 
 
Informasi yang berhasil dihimpun, berawal dari turunnya hujan deras kemarin sore, kemudian disusul dengan terjangan angin puting beliung pada malam hari sekitar pukul 19.30 Wita, sehinngga merobohkan rumah I Nengah Dandra, warga Lingkungan Pancardawa, Kelurahan Pendem.
 
Beruntung saat kejadian, pemilik rumah dan keluarganya bisa menyelamatkan diri dengan keluar rumah sehingga mereka selamat tidak terkena reruntuhan rumah semi permanen. Namun kerugian ditaksir mencapai jutaan rupiah.
 
 
“Saat itu hujan deras, terus ada angin berputar kencang. Saya bersama seluruh anggota keluarga cepat-cepat keluar rumah dan saya lihat rumah saya terangkat dan terhempas ke tanah hingga hancur,” tutur Dandra, (15/12/2018).
 
 
Hal yang sama juga dialami oleh I Ketut Tirta, warga Lingkungan Pancardawa, Kelurahan Pendem, Jembrana. Rumah semi permanen miliknya juga roboh dan hancur diterjang angin puting beliung. Sementara I Ketut Semo, warga Lingkungan Pendem, Kelurahan Pendem mengaku dapurnya juga roboh diterjang angin puting beliung. Sementara atap rumah tinggalnya juga rontok.
 
 
Mengetahui adanya terjangan angin puting beliung dan merobohkan rumah serta dapur warga,  BPBD Jembrana tadi pagi langsung turun ke lokasi bencana untuk melakukan pengecekan, sekaligus memberikan bantuan sembako, obat-obatan, alat masak serta pakaian kepada para korban bencana. Pengecekan dan penyerahan bantuan bencana tersebut dipimpin langsung oleh Kepala BPBD Jembrana Ketut Eko Susila AP.
 
 
“Bencananya terjadi kemarin malam, tadi pagi kami bersama anggota sudah melakukan pengecekan dan pendataan kerugian sekaligus menyerahkan bantuan bencana kepada para korban,” terang Eko Susila.
 
 
Lanjut Eko dari pengecekan, terjangan angin puting beliung yang terjadi kemarin malam tersebut, selain merobohkan rumah dan dapur milik warga Kelurahan Pendem, juga merusak bangunan kantin SD Negeri 1 Pendem. Sejumlah kebun pisang milik warga lanjut Eko Susila juga porak-poranda diterjang angin puting beliung.(BB)