Puncak Karya Pediksan Ida Bagus Mayun Marhaendragama dan Ida Ayu Ketut Puspawati

  10 Januari 2024 SOSIAL & BUDAYA Denpasar

Baliberkarya (Dok Humas)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar. Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara hadiri Puncak Karya Madiksa atau Medwijati Ida Bagus Mayun Marhaendragama dan Ida Ayu Ketut Puspawati di Griya Gede Bajing Kesiman, Denpasar, Buda Umanis Kulantir, Rabu (10/1).

Hadir bersama Wali Kota Jaya Negara, Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana, Panglingsir Puri se-Kota Denpasar, Perwakilan Dharmapodesa Pusat serta undangan lainya.

Diiringi dengan suara gambelan dan kekidungan, rangkaian Puncak Karya Pediksan berlangsung khidmat. Dalam kesempatan tersebut juga turut diserahkan surat keputusan dan penyematan Pin Sulinggih oleh Perwakilan Dharmapodesa Pusat. Welaka Ida Bagus Mayun Marhaendragama dan Ida Ayu Ketut Puspawati  kini sudah dinobatkan menjadi Ida Sulinggih dengan bhiseka Ida Pedanda Gede Oka Bajing  dan Ida Pedanda Istri Made Bajing.

Prawartaka Karya, Ida Bagus Oka Sistagama mengatakan, rangkaian karya mediksa sudah dilaksanakan sejak tanggal 22 November  dengan nuntun putra dan memeras, tanggal 10 Desember dengan paguneman Guru Nabe, Guru Waktra dan Guru Saksi. Dilanjutkan dengan Upacara Diksa Pariksa pada tanggal 28 Desember lalu.

Dikatakan Sistagama, Puncak Karya diawali dengan Pemendak Guru Nabe serta Penglingsir Puri Kesiman.  Selanjutnya rangkaian dimulai dengan Metangi, Masiram dan Mebusana yang dilanjutkan dengan Upacara Padiksan. Rangkaian puncak karya diakhiri dengan Paungu Atur saking Dharmapodesa Pusat berkenaan dengan abhiseka sang diksita.

"Astungkara Karya Padiksan ring Griya Gede Bajing sudah berjalan lancar, welaka Ida Bagus Mayun Marhaendragama dan Ida Ayu Ketut Puspawati kini sudah dinobatkan menjadi Ida Sulinggih dengan bhiseka Ida Pedanda Gede Oka Bajing dan Ida Pedanda Istri Made Bajing sesuai panugrahan guru nabe, Ida Pedanda Gede Putra Tembau dari Griya Gde Desa Aan, Kecamatan Banjarangkan Klungkung dan merupakan nanak ke 19 beliau," ujarnya. (Rls/BB)