Prodi Teknik Lingkungan FT Unud Selenggarakan Workshop tentang Wetlands and Food Waste

  22 Januari 2024 PENDIDIKAN Buleleng

Foto: Workshop bertajuk "Wetlands and Food Waste Treatment for the Green Campus" bertempat di Ruang Sidang II, Gedung Dekanat, Fakultas Teknik, Jimbaran, Senin (22/1/2024). Sumber: Unud.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Badung, Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Udayana telah sukses menyelenggarakan Workshop bertajuk "Wetlands and Food Waste Treatment for the Green Campus" bertempat di Ruang Sidang II, Gedung Dekanat, Fakultas Teknik, Jimbaran, Senin (22/1/2024).

Workshop ini dihadiri oleh mahasiswa program studi teknik lingkungan dan dimeriahkan oleh dua narasumber handal dalam bidangnya. Martin Anda membawakan topik "Wetland," yang memfokuskan pada pengolahan air limbah domestik, sedangkan Andrew Hayim De Vries membawakan topik "Food Waste," yang berfokus pada pengolahan limbah padat domestik. Kedua narasumber ini membahas solusi-solusi inovatif untuk mengatasi permasalahan lingkungan sehari-hari.

Workshop ini dipandu oleh moderator yang berkompeten, yaitu Made Sandhyana Angga, S.T., M.T., Ph.D.Eng. Dengan pengalamannya yang luas di bidang teknik lingkungan, moderator ini memastikan jalannya acara berlangsung lancar dan interaktif.

Martin Anda menjelaskan secara rinci tentang peran wetland dalam pengolahan air limbah domestik. Ia menggarisbawahi pentingnya konservasi dan restorasi wetland sebagai strategi untuk meningkatkan kualitas air. Presentasinya memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana teknologi wetland dapat diimplementasikan untuk menjaga keberlanjutan air limbah.

Di sisi lain, Andrew Hayim De Vries membahas tantangan dan solusi terkait pengelolaan limbah padat domestik, khususnya fokus pada food waste. Ia menyoroti pentingnya pemilahan sampah dan metode pengolahan yang ramah lingkungan untuk mengurangi dampak negatif pada lingkungan.

Diharapkan bahwa workshop ini tidak hanya memberikan pemahaman teknis kepada mahasiswa, tetapi juga mendorong mereka untuk melihat potensi teknologi lingkungan sebagai peluang bisnis di masa depan. 

Melalui konsep teknopreneurship, mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh selama kuliah untuk mengembangkan solusi berkelanjutan bagi masyarakat.

Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Udayana berharap bahwa kegiatan semacam ini akan terus memberikan inspirasi dan wawasan baru kepada mahasiswa, memotivasi mereka untuk menjadi agen perubahan dalam menjaga keberlanjutan lingkungan, serta menciptakan green campus yang ramah lingkungan di masa depan. (BB/212)

Sumber: Unud.ac.id