Primakara University Sponsori PICA Fest 2023, Konsisten Dukung Kuatkan Ekonomi Kreatif dan Digital Bali

  31 Juli 2023 PENDIDIKAN Denpasar

Foto: Primakara University menjadi sponsor PICA Fest 2023, festival clothing terbesar di Bali.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Paradise Island's Clothing Association (PICA) Festival 2023 resmi ditutup pada hari Minggu (30/7/2023) di Lapangan Niti Mandala, Renon, Denpasar. Festival yang berlangsung empat hari sejak 27 Juli - 30 Juli 2023 tersebut sukses terselenggara dengan diikuti lebih dari 100 tenant brand lokal Bali, 104 tenant FnB, serta dimeriahkan sederet artis lokal dan nasional seperti Bagus Wirata, Leeyonk Sinatra, Hindia, Vierratale, hingga JKT48. Menyukseskan PICA Fest 2023, Primakara University (PRIME-U) turut berpartisipasi sebagai sponsor pada tahun ini.

Sebagai universitas yang baru saja bertransformasi dari STMIK, ini merupakan kali pertama Primakara University terlibat dalam mendukung PICA Fest, yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari industri ekonomi kreatif di Bali.

Menurut Founder & Rektor Primakara University, I Made Artana, S.Kom., M.M., kolaborasi Primakara University dengan PICA Fest 2023 berpotensial untuk kemajuan ekonomi kreatif di Bali.

"Kami sangat mengapresiasi terjalinnya kerja sama Primakara University dengan pihak PICA Fest 2023. Kolaborasi ini membuktikan komitmen dan dedikasi Primakara dalam mendukung kemajuan ekonomi kreatif di Bali, apalagi PICA Fest 2023 sepenuhnya diinisiasi anak-anak muda Bali" kata Made Artana.

Artana menilai, Primakara University yang memiliki fokus dan keunggulan dalam bidang digitalisasi, berkaitan erat dengan pengembangan ekonomi kreatif khususnya di Bali.

“Terkait dengan digitalisasi erat kaitannya dengan kita di Bali dengan mengangkat ekonomi kreatif dan digital, secara umum terkait dengan startup. Ini sangat berkorelasi karena kami di Primakara University sangat concern dengan digitalisasi,” ujar Artana  yang pernah menyabet Juara I Penggerak Wirausaha Muda Berprestasi Tingkat Nasional tahun 2017 dan peraih CYEA (Creative Young Entrepreneur Award) dari Junior Chamber International ini.

Sebagai informasi, PICA Fest adalah perhelatan tahunan yang digagas oleh para penggiat clothing di Bali. Sebagai festival clothing terbesar di Bali, acara ini telah menjadi magnet bagi pecinta produk lokal di pulau ini. PICA Fest 2023 merupakan edisi ke-8, diikuti oleh ratusan UMKM, mulai dari clothing brand hingga food & beverage stalls.

Pada tahun ini, PICA Fest 2023 menawarkan beragam perubahan dan peningkatan. Informasi mengenai festival ini disebarkan secara rutin dan padat melalui media sosial. Acara akan menampilkan lebih banyak clothing brand dan food & beverage stalls yang siap memanjakan pengunjung. Selain itu, venue acara juga diperluas hingga dua kali lipat dari tahun sebelumnya, dan kendala-kendala dari acara sebelumnya telah ditangani dengan baik. Keberadaan guest star dan jumlah performer juga disesuaikan dengan permintaan dari PICA Mania, sebutan untuk para penggemar PICA Fest.

"Festival tahunan ini bertujuan untuk memperkenalkan berbagai produk brand clothing dari Bali. Selama empat hari festival, pengunjung juga dihibur dengan penampilan sederet musisi. Beberapa di antaranya Burgerkill, Efek Rumah Kaca, Navicula, Vierratale, Rocket Rockers, hingga JKT48," kata Humas PICA Fest 2023, I Gusti Made Febri Iswara.

Selama empat hari penyelenggaraan PICA Fest 2023, Primakara University tidak hanya hadir sebagai sponsor, melainkan ikut memeriahkan perhelatan PICA Fest dengan membuka booth bertema digital. Dilengkapi game Battle of Guardians karya alumni Primakara dan hadiah menarik bagi pengunjung.

Selain kegiatan di booth, Primakara University juga menampilkan talkshow bertajuk "Be a Creative YouTuber and Technopreneur for Inspiring Others" dengan bintang tamu Mahes Kanoko, YouTuber peraih Silver Play Button sekaligus technopreneur yang merupakan mahasiswa Primakara University.(BB).