PKM di Banjar Tengah Selumbung, PSSE FEB Unud Edukasi Pengolahan Limbah Kelapa Jadi Barang Bernilai Ekonomi

  09 Agustus 2023 PENDIDIKAN Karangasem

PSSE FEB Unud menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Pengolahan Limbah Kelapa menjadi Barang yang memiliki Nilai Ekonomi sesuai Prinsip Ekonomi Sirkular” bertempat di Wantilan Br. Tengah, Desa Selumbung, Manggis, Karangasem.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Bali berkarya.com-Karangasem. PSSE FEB Unud menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Pengolahan Limbah Kelapa menjadi Barang yang memiliki Nilai Ekonomi sesuai Prinsip Ekonomi Sirkular” bertempat di Wantilan Br. Tengah, Desa Selumbung, Manggis, Karangasem, Selasa (08/08).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Selumbung beserta segenap perangkat desa, warga desa selumbung, Dosen PSSE FEB Unud beserta Mahasiswa dilingkungan FEB Unud.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan Kepala Desa Selumbung, I Wayan Sudiarka, kemudian sambutan Ketua Panitia, Wayan Hari Premananda, S.E., M.Ec.Dev dan kegiatan ini dibuka oleh Koprodi PSSE FEB Unud, yang pada kesempatan kali ini diwakili oleh Prof. Dr. Ni Nyoman Yuliarmi, SE., MP dengan ketukan mic sebanyak tiga kali.

Narasumber kegiatan ini, yakni I Gusti Gde Nyoman Hendra Wiguna, S.E., M.M, yang merupakan perwakilan dari Pusat Pengendalian Ekoregion Bali dan Nusra, KLHK RI dengan materi mengenai “Circular Economy Dalam Mendukung Pengelolaan Sampah” dan Narasumber kedua, yakni I Gede Suryawan, merupakan praktisi pengolahan limbah kelapa sekaligus owner Yande Batok, dengan materi “Pengolahan Limbah Kelapa Menjadi Barang yang Memiliki Nilai Ekonomis”, yang di moderatori oleh Dosen PSSE FEB Unud, Dewa Jati Primajana, S.E., M.Si.

Konsep ekonomi sirkular dalam pengelolaan sampah tetap berprinsip pada 3R, yakni Reduce, Reuse dan Recycle. Hal yang paling penting dipahami dalam prinsip ekonomi sirkular adalah bahwa mengelola sampah yang menghasilkan benefit ekonomi.

Setelah pemaparan narasumber dilanjutkan dengan sesi diskusi. Sesi diskusi diakhiri dengan penyerahan plakat dan sertifikat kepada Kepala Desa, para Narasumber dan Moderator dan diakhiri dengan sesi foto bersama.(BB).

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3401-Pengabdian-Kepada-Masyarakat-tema-Pengolahan-Limbah-Kelapa-menjadi-Barang-yang-memiliki-Nilai-Ekonomi-sesuai-Prinsip-Ekonomi-Sirkular-.html