Peringati Hari Sumpah Pemuda, Pemkab Karangasem Gelar Seminar Kepemudaan

  22 Oktober 2016 PERISTIWA Karangasem

Baliberkarya.com/ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Karangasem. Dalam rangka menyambut hari Sumpah Pemuda yang ke- 88 yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2016, Pemerintah Kabupaten Karangasem melalui Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat menggelar seminar Kepemudaan yang bertajuk “Melalui Seminar Kepemudaan Kita Bangun Karakter Pemuda yang Maju, Cerdas, Bersih dan Bermartabat berlandaskan Tri Hita Karana”. Seminar yang berlangsung Sabtu (22/10/2016) di Aula UKM Center Amlapura dibuka oleh Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa.
 
Acara ini dihadiri oleh Forkopinda Karangasen, Sekdakab I Gede Adnya Mulyadi, Staf Ahli Bupati Bidang Politik Ida Bagus Ketut Sulendra, Kepala Kesbangpol dan Linmas Ida Bagus Putu Swastika, Ketua KNPI I Gusti Putu Parwata dan undangan lainnya.
 
Peserta seminar adalah Organisasi Kepemudaan dan Siswa SMA se-Kota Amlapura yang keseluruhan berjumlah 200 orang. Yang menjadi narasumber dalam seminar ini antara lain Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa, Dandim 1623 Letkol Inf. Fierman S. Agustus, Kapolres AKBP Sugeng Sudarso, Tokoh kepemudaan I Nyoman Celos dan I wayan Darna.
 
Dalam Sambutannya Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa menyambut baik diadakannya seminar tentang kepemudaan karena melalui kegiatan seperti ini dapat membangkitkan rasa persatuan dan kesatuan, menyatukan visi dalam kebinekaan, meningkatkan peran generasi muda dan mengetahui track balik dari perjuangan para pahlawan di era kemerdekaan.
“Bagi para pemuda sangatlah perlu diingatkan kembali dan terus menerus ditanamkan mengenai arti pentingnya peristiwa Sumpah Pemuda, sebab dengan memahami peristiwa tersebut para pemuda kita dapat merasakan bagaimana jiwa persatuan para pemuda yang ikut mengucapkan ikral sumpah pemuda dan nantinya kita sebagai penerus bangsa dapat menyerap semangat mereka dalam perjuangan saat ini di ranah aktivitas masing-masing” imbuhnya.
 
Artha Dipa juga berharap kegiatan ini dapat dijadikan sebagai wahana tukar menukar informasi maupun pengetahuan sekaligus upaya mencari solusi dalam memecahkan berbagai persoalan dalam kaitannya dengan patriotisme dan nasionalisme untuk membangun Karangasem.
 
Dalam seminar kelima narasumber masing- masing memaparkan makalahnya, dimulai dari Wabup Artha Dipa yang mengambil topik membangun generasi muda yang smart melalui pendidikan karakter yang didasari oleh Tri Hita Karana. Kapolres Sugeng Sudarso memaparkan tantangan saat ini dan kedepan dari perspektif keamanan dan dampak globalisasi. Sementara Dandim 1623 Fierman S. Agustus menjelaskan permasalahan didunia karena masalah energi (kekayaan alam) dan pertumbuhan jumlah penduduk, sehingga kedua permasalahan tersebut perlu dicarikan solusi.
 
Tokoh pemuda I Wayan Darna  membawakan topik peranan pemuda sebagai agent of change dalam pembangunan dan yang terakhir I Nyoman Celos memaparkan pidato Bung Karno ”Hai pemuda janganlah jadi bangsa yang memble”, makna dari ucapan tersebut agar pemuda Indonesia dapat terus berjuang menguatkan pertahanan, mempertahankan kemerdekaan dan melanjutkan program yang sudah tergolong bagus. Sehabis masing masing narasumber memaparkan makalahnya, diadakan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator I Wayan Putu. (BB)