Peringati Bulan Bung Karno, Densel Gelar Lomba Pidato dan Lomba Menghias Tumpeng

  17 Juni 2023 HIBURAN Denpasar

Baliberkarya (Dok Humas)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar Selatan,  - Dalam rangka memperingati Bulan Bung Karno, Kecamatan Denpasar Selatan mengadakan dua acara utama, yaitu Lomba Pidato untuk Sekaa Teruna se-Kecamatan Denpasar Selatan dan Lomba Menghias Tumpeng untuk PKK Desa/Lurah se-Denpasar Selatan di halaman kantor setempat.

Camat Denpasar Selatan Made Sumarsana mengatakan, kegiatan ini untuk menghormati Bung Karno serta mendorong generasi muda untuk menghargai jasa-jasa beliau.

Lomba Pidato yang diadakan berhasil menarik perhatian peserta dari berbagai Sekaa Teruna di Kecamatan Denpasar Selatan. Setelah melalui proses penilaian yang ketat, hasilnya Kelurahan Sesetan berhasil meraih juara I, diikuti oleh Kelurahan Renon sebagai juara II, dan Keluharahan Sanur sebagai juara III. Sementara itu, Desa Pemogan meraih harapan I sebagai apresiasi atas penampilan mereka yang memukau. Lomba ini diharapkan dapat memotivasi pemuda-pemudi untuk mengembangkan kemampuan berpidato serta mengingatkan mereka akan perjuangan dan kecintaan Bung Karno terhadap negara.

Selain Lomba Pidato, juga diadakan Lomba Menghias Tumpeng yang melibatkan PKK Desa/Lurah se-Denpasar Selatan. Lomba ini menampilkan kreativitas dalam menghias tumpeng, simbolisasi dari keberagaman dan kekayaan budaya Indonesia. 

Hasil penilaian menunjukkan Desa Sidakarya berhasil meraih juara I, disusul oleh Kelurahan Sesetan sebagai juara II dan Kelurahan Serangan sebagai juara III Kelurahan Panjer  mendapat penghargaan harapan I atas usaha dan dedikasinya dalam menghias tumpeng dengan indah.

Kegiatan ini juga menjadi momentum untuk PKK Desa/Lurah dalam membuka peluang usaha UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Dalam perlombaan menghias tumpeng, mereka dapat menunjukkan keterampilan dan kreativitas mereka yang dapat diaplikasikan dalam membuka usaha tumpeng di masyarakat. "Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk mendorong pemberdayaan ekonomi lokal," ungkap Sumarsana.

Tak hanya itu, acara ini juga menjadi momen penting untuk meluncurkan Kartu Prioritas khusus bagi penyandang disabilitas dan mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Kartu ini memudahkan mereka dalam pengurusan administrasi kependudukan tanpa perlu mengantri. Dengan memperlihatkan kartu tersebut, mereka dapat langsung dilayani secara prioritas oleh petugas pelayanan publik. Peluncuran kartu ini merupakan langkah nyata Kecamatan Denpasar  dalam meningkatkan aksesibilitas dan pelayanan kepada seluruh warganya. (Rls/BB)