Percepat Penanganan Kebakaran TPA Suwung, Walikota Jaya Negara Fokuskan Suplai Air Untuk Damkar dan Pola Injeksi

  19 Oktober 2023 SOSIAL & BUDAYA Denpasar

Ket foto : Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara saat memantau proses suplai air penanganan kebakaran di TPA Suwung, Kamis (19/10)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar, Penanganan pemadaman musibah kebakaran TPA Suwung, Kecamatan Denpasar Selatan terus berlangsung dengan berbagai metode yang telah ditetapkan Tim Pos Komando Penanganan Darurat Bencana Kebakaran TPA Suwung. Proses pemadaman kebakaran melalui darat dan udara dengan Helikopter Water Bombing masih terus berlangsung. Hanya saja, saat ini suplay air terus difokuskan guna mempercepat pemadaman api. 

Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara pada Kamis (19/10) yang hadir memantau langsung proses pemadaman kebakaran TPA Suwung memfokuskan suplai air untuk percepat pemadaman api. Hal ini guna mendukung proses pemdaman api dengan melaksanakan injeksi air dan penyemprotan terus-menerus. 

"Suplai air harus terus difokuskan untuk dapat berkelanjutan melakukan optimalisasi pemadaman api melalui darat, dengan armada pemadam kebakaran (damkar) dan Water Cannon Polda Bali serta juga alat injeksi air dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI," ujar Jaya Negara. 

Lebih lanjut Jaya Negara menjelaskan kondisi titik api di TPA Suwung tidak dapat diprediksi. Hal ini karena gas metan yang ada dibawah tumpukan sampah ini masih terus menguap. Sehingga kondisi ini dibutuhkan suplai air serta dukungan dari Damkar Kabupaten Badung, Damkar Kabupaten Bangli, Gianyar dan Tabanan serta dukungan dari mobil Water Cannon Polda Bali terus berlanjut. 

Tak hanya itu, langkah ini juga dilakukan dengan optimalisasi suplai air dari mobil tangki air Dinas PUPR Denpasar dan Mobil tangki air pertamanan DLHK Kota Denpasar serta mobil tangki air dari masing-msing Damkar. Bantuan dari Provinsi Bali dengan membuka akses jalan masuk di TPA Suwung juga telah dilakukan, hal ini dapat mempercepat proses suplai air.  

"Seperti kita lihat hari ini, api kembali muncul dititik api yang telah berhasil dipadamkan, sehingga kami melakukan koordinasi serta kolabirasi berkelanjut untuk mendukung suplai air dalam penanganan kebakaran di TPA Suwung," ujar Jaya Negara. 

Dalam kesempatan tersebut Walikota Jaya Negara juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut membantu proses penanganan kebakaran di TPA Suwung. Bantuan dari pihak Pertamina hingga perbankan juga telah kita terima mendukung proses pemadaman kebakaran di TPA Suwung. Kesiapsiagaan dari sisi kesehatan telah dilaksanakan dari Dinas Kesehatan Kota Denpasar kepada masyarakat terdampak di TPA Suwung.

"Evaluasi bersama BPBD Provinsi Bali, BNPB dan Kementerian LHK terus kita lakukan dalam penanganan kebakaran TPA Suwung," ujar Jaya Negara. (Rls/BB)